MEMPERSIAPKAN SDM PERTAMBANGAN YANG UNGGUL MENUJU INDONESIA MAJU 2045 EVALUASI SUMBERDAYA DAN CADANGAN SUBDOMAINING LAPISAN SAPROLIT – SITE MORONOPO, MALUKU UTARA

Muhammad Chandra R.M, Arnazt P. Adryanto

Abstract


Domain merupakan hal yang harus diperhatikan dalam estimasi sumberdaya mineral. Domain adalah zona yang secara geologi dan statistik homogen. Domain geologi pada ore deposit nikel laterit pada umumnya terdiri dari limonit dan saprolit. Untuk memenuhi definisi domain, maka kedua domain geologi tersebut seharusnya menunjukkan populasi yang homogen secara statistik.

Statistik kadar nikel (Ni) zona saprolit Prospek Moronopo mengindikasikan dua populasi, yaitu populasi Ni kadar tinggi dan populasi Ni kadar rendah. Sehingga kondisi tersebut tidak memenuhi definisi domain berdasarkan Daniel Guibal dan mempengaruhi hasil estimasi kadar. Secara spasial, kedua populasi Ni tersebut memiliki trend dalam arah vertikal, yaitu populasi Ni kadar tinggi berada di saprolit bagian atas, sedangkan populasi Ni kadar rendah berada di saprolit bagian bawah.

Perbedaan secara spasial dalam arah vertikal tersebut dapat teramati secara visual dari sampel whole rock core, bagian atas saprolit dicirikan oleh warna coklat kehijauan, ukuran butir laterite didominasi ukuran clay – sand. Sedangkan bagian bawah dari saprolite dicirikan oleh warna hijau keabu-abuan, ukuran butir laterite gravel, dengan vein silica dan mineral talc mulai banyak ditemukan pada lapisan ini.

Pemisahan domain dilakukan menggunakan data assay yang didapat dari analisis XRF dengan memperhatikan elemen utama, yaitu Ni, Fe, MgO dan SiO2. Hasil pemisahan domain tersebut menghasilkan subdomain upper saprolit dan lower saprolit dengan masing-masing telah menunjukkan satu populasi dan telah memenuhi definisi domain Daniel Guibal. Proses estimasi menggunakan sub domain memberikan hasil Ni kadar tinggi yang lebih banyak jika dibandingkan tanpa menggunakan subdomain.


Keywords


Nikel Laterit, Domain, Assay, Estimasi, Sumberdaya

Full Text:

PDF

References


D Guibal, “Variography, a Tool for the Resource Geologist” S Carras, “Let the Orebody Speak”

Hall, R. 1987, “Plate Boundary Evolution in the Halmahera Region, Indonesia”

Laporan Akhir Eksplorasi 2019 Maluku Utara PT ANTAM Tbk Unit Geomin & Technology Development


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.