PENILAIAN KESTABILAN TIMBUNAN BERDASARKAN WSRHC PADA TIMBUNAN MUARA TIGA BESAR UTARA, PT. BUKIT ASAM, TBK., SUMATRA SELATAN

Gilang Perwira Adi, Jodistriawan Ersyari, Reynara Davin Chen, Raden Irvan Sophian, Zufialdi Zakaria

Abstract


Timbunan Muara Tiga Besar Utara merupakan kawasan timbunan yang rentan terhadap ketidakstabilan. Kawasan timbunan ini harus direncanakan dan dipantau dengan baik agar material timbunan selalu dalam kondisi stabil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menilai tingkat kestabilan timbunan dan menentukan upaya investigasi dan desain yang sesuai dengan tingkat kestabilan timbunan. Dalam menentukan tingkat kestabilan timbunan, digunakan metode pembobotan Waste Dump and Stockpile Stability Rating and Hazard Classification System (WSRHC). Pembobotan WSRHC dilakukan terhadap 22 faktor yang mempertimbangkan aspek geologi teknik dan konstruksi timbunan dalam memperkirakan kestabilan. Hasil dari pembobotan WSRHC akan menghasilkan kelas risiko Waste Dump and Stockpile Hazard Class (WHC) pada penilaian kestabilan timbunan. Hasil penelitian menunjukkan bobot total kestabilan timbunan sebesar 33,5 termasuk dalam kategori IV (risiko tinggi) dengan bobot Engineering Geology Index (EGI) sebesar 12,5 dan Design and Performance Index (DPI) sebesar 21. Faktor performa tergolong pada kelas sangat buruk, sehingga timbunan otomatis masuk dalam kategori WHC V (risiko sangat tinggi). Upaya investigasi dan desain yang lebih akurat diterapkan pada kawasan timbunan ini dengan menggunakan tabel level of effort berdasarkan kelas kestabilan. Tabel level of effort terdiri dari tiga bagian yaitu investigasi dan karakterisasi, analisis dan desain, kontruksi dan operasi.


Keywords


WSRHC, Timbunan, Kestabilan Lereng, Metode Pembobotan

Full Text:

PDF

References


Arif, I. (2010): Geoteknik Tambang. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Bieniawski, Z. T. (1984): Rock Mechanics Design in Mining and Tunneling. A. A. Balkema. Rotterdam.

Bowles, E.J. (1989): Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Das, B. M. (1995): Soil Mechanics (The Principles of Geotechnical Engineering). Volume I, Erlangga, Jakarta.

Hawley, M., & Cunning, J. (2017): Guidelines for mine waste dump and stockpile design. CSIRO Publishing.

Kjellman, W. (1952): Consolidation of Clay Soil by Mean of Atmospheric Pressure. Proceeding of a Conf. Soil Stabilization, Massachusetts Institute of Technology, Boston, pp.258- 263.

Kramer, S.L. (2008): Evaluation of Liquefaction Hazards in Washington State. Seattle. Washington State Transportation Center (TRAC).

LPT (Lembaga Penelitian Tanah). (1979): Penuntun Analisa Fisika Tanah. Lembaga Penelitian Tanah. Badan Litbang Pertanian.

Morgenstern, N. R. & Price, V. E. (1965): The analysis of the stability of general slide surfaces. Geotechnique. 15, 79–93.

Wyllie, D.C., & Mah, C. (2004): Rock Slope Engineering: Civil and Mining. 4rd. (ed). New York. Spoon Press.


Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 652 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.