OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT BERAT DENGAN MENGGUNAKAN UNLOCK SYSTEM-FLEET MANAGEMENT SYSTEM (FMS) DISPATCH MODULAR STUDY CASE PT BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA JOB SITE LATI

Irsa Riyandi, M Bratanata Wibowo

Abstract


Alat berat yang terpasang perangkat Fleet Management System (FMS) dapat dengan mudah diketahui status dan kinerjanya nya secara real time. Informasi yang didapat secara langsung dari kinerja alat berat ini penting untuk dimonitor agar strategi operasional dapat dijalankan dengan baik serta penggunaan alat berat dapat dioptimalkan. Ditengah kondisi harga komoditas batubara yang mengalami penurunan seperti saat ini. PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) Job Site Lati sebagai salah satu kontraktor tambang terbesar di Indonesia melakukan inisiatif untuk menaikkan produktifitas alat berat dengan menggunakan fitur Optimization module (unlock system) pada Modular Mining’s DISPATCH FMS. Fitur Optimization modul berfungsi untuk melakukan optimalisasi penugasan alat angkut menuju alat muat secara otomatis agar cycle time nya menjadi lebih singkat dengan cara memperhitungkan waktu queuing dan hanging yang paling rendah. Peningkatan penggunaan fungsi Optimization module mempengaruhi peningkatan produktifitas dari excavator PT BUMA-Lati rata-rata 9% setara dengan penambahan jumlah load rata – rata per jam dari 19 load menjadi 20.5 load, penurunan hang time sebesar 32% dan queue time sebesar 31% atau setara dengan potensi penghematan sebesar $110 k selama periode Agustus – Desember 2020. Dengan meningkatnya produktifitas alat berpengaruh pada biaya operasi penambangan cost per ton menjadi lebih rendah sehingga perusahaan dapat lebih optimal dalam menggunakan biaya operasional ditengah kondisi harga batu bara yang mengalami penurunan seperti sekarang ini.

 


Keywords


Optimisasi, Fleet Management System, Unlock, DISPATCH, TPT XXIX PERHAPI 2020

Full Text:

PDF

References


Nel, S., Kizil, M., Knights, P. (2011): Improving truck-shivel matching, 35TH APCOM Symposium, The Asutralian Institute of Mining and Metalurgy, 381

Modular Mining, (2018): DISPATCH 6.6.8 System Help, 327 - 338

Harga Batubara Acuan (HBA), data diperoleh melalui situs internet: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/permintaan-global-masih-tertekan-hba-september-dipatok-usd4942-per-ton. Diunduh pada tanggal 2 November 2020.

Optimisasi, data diperoleh melalui situs internet: https://www.modularmining.com/mining-optimization_what-does-it-mean-to-optimize-your-mine/. Diunduh pada tanggal 2 November 2020.


Article Metrics

Abstract view : 761 times
PDF - 1461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.