EFEKTIVITAS PENGAPLKASIAN ZEOLIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE TYLER SIEVE ASTM, UP FLOW, DAN CATU DALAM UPAYA PENURUNAN KADAR MERKURI PADA LIMBAH PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT

Wahyu Idi Pangestu, Zaida Syafira Putri Pralano, Ratna Dian Anggraeni

Abstract


Pertambangan emas rakyat di Indonesia umumnya memanfaatkan merkuri sebagai pengikat mineral emas dari mineral pengotor atau metode amalgamasi. Penggunaan merkuri dapat mengakibatkan degradasi lingkungan, dikarenakan tidak sesuai dengan aturan tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup  yang tertera didalam UU No.32 Tahun 2009. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dampak limbah merkuri dari pengolahan pertambangan emas rakyat, mengetahui kemampuan zeolit dalam menurunkan kadar merkuri, menentukan metode yang lebih efektif hingga sesuai dengan ambang batas baku mutu lingkungan sebesar 0,0010 ppm sesuai PP No. 82 Tahun 2001, serta menentukan estimasi biaya penggunaan zeolit dalam satu tahun sesuai tingkat produksi. Zeolit merupakan senyawa alumina silikat dengan struktur berongga dan berpori molekul air yang dapat mudah dipertukarkan sehingga dapat mengasorbsi air. Perolehan data merupakan hasil studi literatur mengenai metode pemanfaatan zeolit pada pertambangan emas rakyat. Metode pemanfaatan zeolit dapat dilakukan  bergantian dengan metode penyaringan up flow, menggunakan tyler sieve ASMR, dan catu. Dari studi yang dilakukan terhadap 3 (tiga) metode  zeolit terbukti mampu mengurangi kandungan merkuri rata rata 99,2342 % dengan ukuran optimal penggunaan zeolit 20 – 200 mesh. Metode up flow dengan campuran zeolit dan karbon aktif mampu munurunkan kadar merkuri sesuai dengan ambang batas baku mutu lingkungan. Penggunaan zeolit tergolong ekonomis dengan estimasi biaya berkisar Rp 2.000.000 – 5.000.000 pertahun menyesuaikan kapasitas produksi. Perencanaan pemanfaatan zeolit harus dilakukan agar hasil yang diperoleh lebih optimal.


Keywords


Zeolit, Tyler Sieve, Up Flow, dan Catu

Full Text:

PDF

References


Amri, Syaifful, Hakim Erlangga Bernado Sakti, R. Fathurrahman Erlangga, dan Edy Nursanto. Mineral Zeolit Sebagai Absorben Hg Pada Tanah Tercemar Merkuri Hasil Proses Amalgamasi Emas.

Giequel, l., D. Wolbert and A. Laplanche. 1997. Adsorption of Atrazine by Powdered Activated Carbon : Influence of Dissolved Organic and Mineral Matter of Natural Water. Environ. Sci. Technol. 18 : 467478.

Karya Tulis Ilmiah untuk Pelajar Indonesia. Dampak Merkuri Terhadap Lingkungan

(https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/article/2019/Dampak_Merkuri_terhadap_lingkungan.pundf) diunduh ada 5 November 2020

Jianlong Wang, Xinmin Zhan and Yi Quan. 2003. Renoval of Cr (VI) from aqueous solution by macroporous resin adsorption. J Environ. Sci. Health A35 (7). 1211-1230

Michael, G. and Pierre Apriou. 1994. Three Column System for Preconcentratin and Spesiciation Determination of Trace Metals in Natural Waters. Anal. Chim.Acta. 297 : 369-376.

Nugroho, Hanan. Pandemi Covid-19: Tinjau Ulang Kebijakan Mengenai PETI (Pertambangan Tanpa Izin) di Indonesia.

(https://www.agincourtresources.com/read-agincourt/inilah-pengertian-tambang-emas-rakyat/) diunduh pada tanggal 2 November 2020

Soprima, Mutiara, Haryoto Kusnoputranto, dan Inswiasri. 2015. Kajian Risiko Kesehatan Masyarakat Akibat Pajanan Merkuri pada Pertambangan Emas Rakyat di Kabupaten Lebak, Banten.

Supardi, Busron Masduki, Herry Poernomo, dan Paul Pujiono. 2003. Penjerapan Merkuri Pada Limbah Cair dengan Zeolit Alam dan Arang Tempurung Kelapa Secara Bergantian dengan Cara Catu. Puslitbang Teknologi Maju BATAN, Yogyakarta. ISSN 0216-3128.

Zulhikman, Meldy, Dr. Nurjazuli, SKM, M.Ke, dan Ir. Tri Joko, M.Si. 2013. Efektivitas Zeolit dan Karbon Aktif Melalui Metode Penyaringan Up Flow Dalam Menurunkan Kadar Merkuri Pada Air Limbah Pertambangan Emas Tradisional. Jurnal Kesehatan Masyarakat 2013. Volume 2, Nomor 2, April 2013 (http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm)

Artiyani, Anis, dan Nano Heri Firmansyah. 2016. Kemampuan Filtrasi Up Flow dengan Media Pasir Zeolit dan Arang Aktif dalam Menurunkan Kadar Fosfat dan Deterjen Air Limbah Dosmetik. Vol. 6, No. 1, Maret 2016: 8- 15.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.