LANGKAH ANALISA UNTUK PERHITUNGAN SUPLAI BIJIH JANGKA PANJANG PADA ENDAPAN NIKEL LATERIT PT ANTAM Tbk

Aldino Yulianto, M. Ilham Kalami, Herlando Juniansyah Putra Perdana, Niki Rahma Rizkita

Abstract


PT. ANTAM Tbk. merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan emas, bauksit dan nikel khususnya, tentu membutuhkan banyak analisa skenario untuk mendapatkan rencana strategis yang paling optimal untuk perusahaan. Dalam menentukan rencana strategis tersebut, diperlukan rencana suplai bijih nikel dari tiap site nikel yang dimiliki oleh PT. ANTAM Tbk. Site-site tersebut tentunya memiliki karakteristik endapan yang berbeda, sehingga perlu dilakukan analisa yang mendalam untuk mendapatkan rencana suplai yang terintegrasi.

Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut, dibuatlah langkah-langkah analisa rencana suplai bijih jangka panjang untuk PT. ANTAM Tbk., meliputi analisa blok model sumberdaya, analisa optimasi pit, analisa desain pit serta analisa blending dan penjadwalan tambang. Masing-masing analisa tersebut, memiliki sub-proses lanjutan yang perlu dievaluasi guna mendapatkan hasil yang paling optimal.

Langkah-langkah analisa yang telah dibuat, dinilai cukup efektif untuk memberikan gambaran suplai bijih jangka panjang untuk masing-masing site PT. ANTAM Tbk. Selain itu, hasil analisa rencana suplai ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi dasar dalam estimasi cadangan serta acuan untuk studi- studi lanjutan seperti pra-studi kelayakan maupun studi kelayakan.


Keywords


Analisa suplai bijih, Estimasi Cadangan, Nikel Laterit

Full Text:

PDF

References


Hustrulid, dkk. (2007): Open Pit Mine Planning & Design (3rd Edition). London: Taylor and Francis Fundamental

PT Aneka Tambang Tbk dan subsidiaries, Laporan Keuangan Konsolidasian Interim/ 30 September 2020 dan 31 Desember 2019 dan untuk periode sembilan bulan yang berakhir 30 September 2020

dan 2019

PT Aneka Tambang Tbk, 2019, Annual Report

PT Aneka Tambang Tbk, 2020, Laporan Eksplorasi Oktober

PT Aneka Tambang Tbk, 2020, Laporan Kuartalan Untuk Periode Sembilan Bulan Yang Berakhir 30 September 2020


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.