INSTALASI WASTE WATER TREATMENT PLANT (WWTP) UNTUK MENURUNKAN TOTAL SUSPENDED SOLID SESUAI BAKU MUTU PADA AIR SUMP YANG BERKADAR SILIKA TINGGI

Wahyu Wibowo, Mas Mualim, Aris Study Palimbunga, Muhammad Daroji

Abstract


Proses pengelolaan air limbah di industry pertambangan sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kelancaran proses penambangan. Air limbah yang tidak dapat dikeluarkan dari area bukaan tambang secara optimal dapat menghambat bahkan menghentikan aktivitas penambangan. Namun, jika air limbah tersebut dikeluarkan tanpa proses pengelolaan yang baik maka dapat berpotensi mencemari lingkungan sekitar dan juga melanggar aturan terkait nilai baku mutu air pada Pergub Sumsel No 8 Tahun 2012. Dampak dari pencemaran air adalah adanya sanksi administrasi hingga penyetopan produksi dari Pemerintah.

Air limbah yang ada di Tambang PT Bara Anugrah Sejahtera memiliki karakteristik unik yaitu mengandung kadar silika yang tinggi. Hal ini menyebabkan partikel Total Suspended Solid (TSS) sulit untuk diendapkan secara normal. Hal ini terlihat pada kondisi air di big sump yang tetap konsisten kadar TSS di atas 5000 mg/liter walaupun terendap dalam periode yang cukup panjang. Berbagai jenis chemical telah dicoba untuk menurunkan kadar TSS namun belum ada yang dapat menurunkan TSS hingga baku mutu secara efektif dan efisien.

PT Bara Anugrah Sejahtera melakukan inovasi dan berinvestasi dengan membangun fasilitas Waste Water Treatment Plant (WWTP) dalam mengelola air limbah agar dapat memenuhi baku mutu air secara efektif dan efisien. Mekanisme WWTP adalah memompa air limbah ke dalam labirin baffle untuk dicampurkan bersama chemical tertentu yang terdiri dari Koagulan dan Flokulan untuk mengikat antar partikel TSS menjadi bentuk gumpalan yang disebut Floc sehingga terpisah dari air secara stabil. Floc ini yang akan terendap pada saluran air terbuka sebelum settling pond yang kemudian akan dikuras menggunakan pompa lumpur ke mud pond terpisah agar siklus pengelolaan air tidak terhambat karena pendangkalan.

Instalasi WWTP yang dikombinasikan dengan  chemical tertentu yang terdiri dari Koagulan dan Flokulan terbukti dapat mengelola air limbah tambang berkadar silika tinggi di atas 780 mg/liter untuk memenuhi baku mutu air pada TSS <300 mg/liter tanpa mempengaruhi tingkat keasaman pada air. 

Keywords


air limbah tambang, total suspended solid, kadar silika, waste water treatment plant, floc

Full Text:

PDF

References


Ani F., Harmadi & Wildian. (2014). Perancangan Alat Ukur TSS (Total Suspended Solid) Air Menggunakan Sensor Serat Optik Secara Real Time, Jurnal Ilmu Fisika (JIF), Volume 6 No 5, 68-73

Haydar, S. and Aziz, J. A. (2009) “Coagulation–flocculation studies of tannery wastewater using combination of alum with cationic and anionic polymers,” Journal of Hazardous Materials, 168(2–3), pp. 1035–1040.

Husaini, Stefanus S. Cahyono, Suganal, Kukuh N. Hidayat. (2018) : Perbandingan Koagulan Hasil Percobaan Dengan Koagulan Komersial Menggunakan Metode Jar Test, Jurnal Teonologi Mineral Dan Batubara Volume 14 No 1, 31-45

Keputusan Kepala Badan Standarisasi Nasional No 341/KEP/BSN/7/2019. (2019) : Penetapan Standar Nasional Indonesia 6989.3:2019 Air Dan Air Limbah – Bagian 3: Cara Uji Padatan Tersuspensi Total (Total Suspended Solid/TSS) Secara Gravimetri Sebagai Revisi Dari Standar Nasional Indonesia 06-6989.3:2004 Air dan Limbah Air – Bagian 3: Cara Uji Padatan Tersuspensi Total (Total Suspended Solid/TSS) Secara Gravimetri

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 113 Tahun 2003. (2003) : Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha Dan Atau Kegiatan Penambangan Batubara, Hal 2-3.

Nusa Idaman Said. (2014) : Teknologi Pengelolaan Air Asam Tambang Batubara “Alternatif Pemilihan Teknologi”, Jurnal Air Indonesia, Volume 7 No 2, 119-138.

Peraturan Gubernur Sumatera Selatan No 8 Tahun 2012. (2012) : Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Industri, Hotel, Rumah Sakit, Domestik, Dan Pertambangan Batubara, Hal 13-14.

Skousen, J.G., and P.F. Ziemkiewicz. 1996. Acid mine drainage control and treatment. 2nd Edition. National Research Center for Coal and Energy, West Virginia University, Morgantown, WV. 356 pp.

Flokulasi, data diperoleh melalui situs internet : https://id.wikipedia.org/wiki/Flokulasi#:~:text=Koagulasi%20dan%20flokulasi%20adalah%20proses,akan%20menyebabkan%20tumbukan%20dengan%20flok. Diunduh pada tanggal 30 Oktober 2020

pH air, data diperoleh melalui situs internet : https://id.wikipedia.org/wiki/PH#:~:text=Air%20murni%20bersifat%20netral%2C%20dengan,dikatakan%20bersifat%20basa%20atau%20alkali. Diunduh pada tanggal 30 Oktober 2020.

Total Suspended Solid, data diperoleh melalui situs internet : https://en.wikipedia.org/wiki/Total_suspended_solids. Diunduh pada tanggal 30 Oktober 2020.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.