PEMANFAATAN DATA DRILL PROVISION UNTUK MENGIDENTIFIKASI PERLAPISAN BATUAN PADA PROSES PELEDAKAN MENEMBUS BATU BARA DI PT KALTIM PRIMA COAL

Fadli Fadli

Abstract


PT. Kaltim Prima Coal (PT KPC) merupakan perusahaan tambang batu bara yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. PT KPC menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode open pit. Sebagian besar tanah penutup di area PT KPC harus melalui proses peledakan sebelum digali oleh alat gali muat. Proses peledakan yang digunakan di area PT KPC ada 2 cara yaitu:

  1. Peledakan konvensional dengan pengeboran berhenti di atas roof  batu bara.
  2. Peledakan menembus lapisan batu bara (through seam blasting).

 

Through seam blasting sangat efisien dalam sequence penambangan karena dapat mengurangi waktu tunda produksi akibat proses peledakan floor batu bara. Proses peledakan ini biasanya menggunakan metode natural gamma logging. Metode ini merupakan proses untuk mengukur radiasi sinar gamma yang dihasilkan oleh unsur-unsur radioaktif yang terdapat dalam lapisan batuan di sepanjang lubang bor. Metode ini mempunyai batasan karena lubang bor harus diukur secara manual dan membutuhkan waktu tambahan dalam proses mengidentifikasi perlapisan batuan di sepanjang lubang bor.

Pemanfaatan data drill provision untuk mengidentifikasi perlapisan batuan sudah diterapkan di area tambang PT KPC. Data drill provision menggantikan metode natural gamma logging pada peledakan menembus lapisan batu bara. Penggunaan drill provision (dispatch drill system) pada unit drill dengan menggunakan modul Drill Strata Recognition (DSR), input dari modul ini berupa data torsi dan rasio penetrasi dari mata bor. Input data ini berasal dari sensor yang dipasang pada string unit drill, sehingga dihasilkan output berupa grafik Torque to Penetration Rate yang memberikan gambaran seberapa keras material yang dibor melalui pembacaan torsi dalam konteks kecepatan vertikal pengeboran yang dilakukan (rasio penetrasi).

Kesimpulan dari seluruh kegiatan penelitian ini adalah mengganti metode dalam mengindentifikasi perlapisan batuan penutup dan batu bara sehingga mempersingkat waktu tunda peledakan tanpa mengurangi jumlah/kuantitas batu bara yang akan ditambang sehingga dapat mendukung operasional pit dalam pengaturan sequence penambangan.


Keywords


through seam blasting, natural gamma logging, dispatch drill system, Torque to Penetration Rate

Full Text:

PDF

References


Logging Geofisika pada Eksplorasi Batubara, data diperoleh dari situs internet: http://psdg.bgl.esdm.go.id. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2020.

Modular Mining Systems, Inc. (2019): KPC DSR Coal Interpretation Tool Development. Historis Pengembangan Data Drill Provision PT KPC, Sangatta, 01 – 09.

PT Kaltim Prima Coal. (2020). Data Coal Recovery Seam B2 Pit Bendili. Sangatta.

Report Manager Drill Provision Data, data diperloleh dari situs intranet PT KPC:http://kpcsgt-db02.kpc.co.id/Reports. Diunduh pada tanggal 20 Oktober 2020.

Sridianti.com, data diperoleh melalui situs internet: https://www.sridianti.com/pengertian-standar-deviasi.html. Diunduh pada tanggal 23 Okotber 2020.


Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.