PENINGKATAN PRODUKSI BATUBARA DENGAN OPTIMALISASI CADANGAN BATUBARA PIT 11 UTARA PT ARUTMIN INDONESIA, TAMBANG ASAMASAM

Wahyu Gilang Nugraha, Wahyu Dwi Febriyanto, Gigih Gunawan, Ilham Maessa, Gumilang O. Purbanagara

Abstract


Kondisi Pit 11 Utara tambang Asamasam di tahun 2020 semakin mendekati desain akhir dan adanya dorongan upaya konservasi cadangan batubara, maka mining engineering department tambang Asamasam melakukan optimasi cadangan batubara dengan penambahan desain di area Pit 11 Utara. Langkah optimasi yang dilakukan adalah melalui penegakan lereng-lereng, memotong jalan final dan juga pendalaman lubang bukaan pada seam utama di Pit 11 Utara dengan tetap meminimalkan stripping ratio sehingga optimasi yang dilakukan tetap bernilai ekonomis.

 

Desain awal penambangan pada desain Pit Shell Pit 11 Utara, akan final pada elevasi -65 mdpl. Namun setelah optimasi bottom Pit 11 Utara direncanakan dapat final sampai elevasi M85-M90 mdpl. Hal ini didukung oleh kondisi geologi model batubara pada seam utama tersebut yang menebal. Salah satu tantangan pekerjaan optimasi pada Pit 11 Utara. Dari sisi geoteknik, dilakukan analisis kestabilan terhadap desain optimasi dan monitoring lereng secara real time menggunakan radar (SSR) karena area optimasi merupakan salah satu area kritis.

 

Dari kegiatan optimasi ini didapatkan penambahan batubara sebanyak 445.4 kton batubara hingga akhir bulan September. Perolehan tambahan batubara ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam menaikkan produksi tambang Asamasam.


Keywords


Optimasi, Produksi, Pit Shell

Full Text:

PDF

References


Aziz, S., Simamora, C.N., Supriharta, I.W., Anggana, R.P. (2019): Optimasi Penambangan Batubara Menggunakan Kontrol Slope Stability Radar di pit C1 blok 8 Binungan Mine Operation Area 2 PT Berau Coal, Prosiding TPT XXVII 2019, PERHAPI, 533-544.

Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/ 30/ MEM/ 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik

Sistem Manajemen Geoteknik, PT Arutmin Indonesia, 2015


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.