STUDI PERILAKU KESELAMATAN KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM SOBAT ( SAFETY OBSERVATION OF BEHAVIOUR AT AEL), DI PT. AEL INDONESIA, SITE MSJ SEPARI TENGGARONG SEBERANG,KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

Andrias Teguh Santoso

Abstract


PT. AEL Indonesia merupakan salah satu perusahaan blasting service di Indonesia, dan memiliki beberapa site, diantaranya site KPC Sangatta, site KPC Bengalon, site Melak dan site MSJ.

Berdasarkan root cause safety accident 2009-2019, safety rule breaching 2009-2019, survey keselamatan terhadap seluruh karyawan 2019, survey keselamatan terhadap management 2019, ditemukan bahwa perilaku keselamatan perlu diperbaiki dan belum ada program perilaku keselamatan yang berjalan secara efektif.

PT. AEL Indonesia menciptakan program “SOBAT” Safety Observation of Behaviour at AEL. Program” SOBAT” ini memiliki arti harafiah suatu perilaku karyawan yang di observasi oleh teman atau sesama karyawan. Program “SOBAT” mengidentifikasi seluruh perilaku karyawan mulai dari yang minor sampai mayor.

Program “SOBAT” di rilis sejak Februari 2020 dan diimplementasikan sejak Maret 2020, berdasarkan data yang ada, terdapat 40 % perilaku tidak aman yang dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Melalui program “SOBAT”, perilaku tidak aman ini dapat di identifikasi langsung oleh karyawan dengan karyawan atau teman, dan dapat langsung melakukan saran perbaikan perilaku yang dilakukan karyawan atau teman di lingkungan PT. AEL Indonesia. Melalui program “SOBAT”, saran perbaikan perilaku tidak aman langsung dilakukan oleh karyawan atau teman dan langsung di lakukan perbaikan perilaku oleh karyawan atau teman yang sebagai Objek “SOBAT”.

Program “SOBAT” dilaksanakan setiap mingguan secara berkala dan dilakukan oleh semua karyawan mulai dari level bawah sampai atas dan sudah mengikuti training “SOBAT” AEL. Sampai sejauh ini sudah ada 80 % karyawan yang sudah melaksanakan “SOBAT” AEL.

“SOBAT” (Safety Observation of Behavior at AEL) dapat mengidentifikasi perilaku aman dan tidak aman dan untuk perilaku karyawan yang tidak aman dapat dilakukan nasehat langsung dari rekan karyawan lainnya yang diharapkan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan perilaku tidak aman sehingga diharapkan dapat mengurangi kecelakaan yang ditimbulkan. dengan perilaku. tidak aman.


Keywords


SOBAT, kecelakaan,perilaku, karyawan

Full Text:

PDF

References


Fadli, Z.(2019): SHE Management Review 2019, Dokumen AEL, 1, 1 – 28.

Fadli, Z.(2020): Training Perilaku Keselamatan, Dokumen AEL, 1, 1 – 84.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.