NERACA SUMBERDAYA MINERAL PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2018

Dandung Novianto, Agus Suhardono, Gregorius Aryoko Gautama

Abstract


Sumber daya mineral merupakan salah satu kekayaan yang dapat dimanfaatkan oleh negara dan masyarakat. Provinsi Jawa timur salah satu propinsi yang masuk dalam bagian ring of fire sehingga memiliki potensi komoditas mineral sejumlah 31 komoditas. Neraca sumberdaya mineral merupakan salah satu alat untuk mengetahui pemanfaatan sumberdaya mineral dan konservarsi serta kelestarian fungsi lingkungan. Sumberdaya mineral terbagi menjadi empat hipotetik, tereka, terindikasi, terukur. Cadangan terbagi menjadi dua yaitu terkira dan terbukti. Pembuatan neraca sumberdaya mineral menggunakan acuan SNI 6728.4:2015. Sumberdaya yang memiliki potensi paling besar di tahun 2018 adalah batu gamping sebesar 4.360.675.461 ton. Kabupaten potensi sumberdaya mineral terbesar yaitu Kabupaten Bangkalan sebesar 3.395.753.000 ton. Komoditas oniks merupakan komoditas dengan sumberdaya terkecil sebesar 265 ton. Kabupaten yang memiliki sumberdaya terkecil adalah Kabupaten Pamekasan sebesar 100.000 ton. Komoditas yang memiliki sumberdaya diperlukan pengelolaan yang terpadu oleh dinas terkait di Propinsi Jawa Timur.   Pemanfaatan komoditas sumberdaya mineral di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018 belum secara maksimal oleh masyarakat. Produksi ketiga komotias yaitu sirtu, andesit, dan batu gamping merupakan komoditas yang selalu dibutuhkan masyarakat untuk pembangunan infrastruktur. Diperlukan penelitian lebih dalam untuk pemetaan komoditas dan izin usaha pertambangan yang mampu mendatangkan pendapatan bagi daerah. 


Keywords


neraca , sumberdaya mineral, komoditas

Full Text:

PDF

References


Irlamsyah, M.2015.Neraca Serta Potensi Sumberdaya Batugamping di Kabupaten Kulon Progo Provinsi D.I.Yogyakarta. UPN Veteran Yogyakarta.Yogyakarta.

Pratama, R.A.2018. Analisa Neraca Cadangan Mineral di Provinsi Jawa Tengah dalam Rangka Pengembangan Pertambangan yang Berwawasan Lingkungan. UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta.

Pamungkas, W.2018. Neraca dan Potensi Sumberdaya Andesit di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta.

Sembiring, Y.P.J.2019. Evaluasi Potensi Sumberdaya Serta Analisis Neraca Mineral Non Logam dan Batuan di Provinsi Jawa Tengah. UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta.

SNI 4726.2011.Pedoman Pelaporan, Sumberdaya dan Cadangan Mineral. Badan Standaisasi Nasional Indonesia. Jakarta

SNI 6728.4.2015.Penyusunan Neraca Spasial Sumberdaya Alam-Bagian 4: Sumberdaya dan Cadangan Mineral dan Batubara. Badan Standaisasi Nasional Indonesia. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.