Penerapan Design Mud Pocket Dalam Proses Pembuangan Lumpur Pada Penambangan Batubara

Kurniawan Pitta Wardana, Miftachudin Miftachudin

Abstract


PT Pamapersada Nusantara (PAMA) melakukan kegiatan pengupasan tanah penutup dan pengambilan batubara di lahan konsesi milik PT Adaro Indonesia yang berlokasi di kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Dengan target produksi 2019 sebesar 90 juta bcm overburden dan 14,5 juta ton batubara. Lokasi penelitian terletak pada area pembuangan Altis dari front pada elevasi +114  m dpl. Kondisi kolam lumpur dapat menampung 1.800.000 juta m3 lumpur. Proses penambangan tersebut akan menghasilkan lumpur cair yang berasal dari kolam penampungan (sump) yang terdapat di lokasi penambangan, yang nantinya akan dibuang ke area pembuangan khusus (disposal). Proses pengurasan lumpur ini dalam pertambangan dikategorikan pekerjaan kritis (highrisk) karena potensi kematian (fatality) tinggi.  Beberapa rekam jejak di pertambangan salah satunya truck masuk ke dalam kolam pembuangan lumpur yang menyebabkan fatality. Disamping itu dari segi operational, untuk produtivitas hauler pada proses disposal activity hingga 72 detik. Sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 1827/K30/MEM/2018 dalam perencanaan pembuangan lumpur  yang terpenting adalah perhitungan stabilitas keseluruhan. Kestabilan konstruksi diperiksa dengan menentukan faktor keamanan lereng. Dibanyak kasus, perhitungan ini tidak dilakukan akibatnya tidak diketahui faktor keamanan konstruksi setelah dilakukan timbunan. Apakah area pembuangan yang didapat mampu mencegah terjadinya keruntuhan di bawah konstruksi sehingga dapat terjadi potensi masuknya truck ke dalam area pembuangan lumpur. Dari kondisi-kondisi di atas, perlu ada tinjauan teknis baru terkait kontruksi area pembuangan dan perhitungan safety factor dari kegagalan struktur tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan kajian teknis yang sesuai untuk proses pembuangan lumpur dan dapat meningkatkan produktivitas alat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan analisa data terkait kestabilan lereng maka dapat disimpulkan Design Mudpocket dapat diterapkan untuk proses pembuangan material lumpur pada kolam lumpur karena memiliki nilai SF = 1,4 dan dapat menurunkan disposal activity menjadi 53 detik serta mengurangi potensi terperosok truck masuk ke kolam karena saat proses dumping tidak bersinggungan dengan bibir jurang.


Keywords


Mud dumping, mudpocket, slope stability, SF, safety

Full Text:

PDF

References


Arifin, Y. F Pengaruh Panjang dan Kemiringan Lereng terhadap Stabilitas Keseluruhan Sheet Pile di Tanah Lunak,BPI UNLAM., 2019.

Das B.M., Principles of Foundation Engineering, Thomson, Brooks, Cole, 2007.

Saputra, W.F, Kajian Teknis Penanganan Lumpur (Mud Handling) Pada Main Sump Untuk Optimalisasi Pompa Pada Pit Darmo Pt Ulima Nitra Tanjung Enim Sumatera Selatan, Fakultas Teknik UNSRI., 2014

Pitta, Kurniawan., QCC COSMO., PT Pamapersada Nusantara, 2019.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.