PENGARUH RENTANGAN TRAVELING TIME DUMP TRUCK TERHADAP OPERATING PRODUCTIVITY DI TAMBANG BATU HIJAU PT AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA

Michael Widjaja

Abstract


Produktivitas alat produksi harus diupayakan semaksimal mungkin agar target produksi yang telah direncanakan dapat tercapai. Produktivitas alat yang digunakan berhubungan erat dengan cycle time alat tersebut. Salah satu alat berat utama yang digunakan sebagai alat angkut di Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Nusa Tenggara adalah dump truck. Komponen terbesar kedua cycle time dump truck dalam hal lama waktunya adalah traveling time. Komponen ini memakan 31,30% dari waktu keseluruhan cycle time sehingga kompenen ini harus diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh traveling time dump truck terhadap operating productivity. Data yang digunakan untuk penelitian ini berasal dari tanggal 1 Agustus 2018 hingga 31 Juli 2019. Penelitian ini menggunakan metode dan uji statistika untuk mencari hubungan, pengaruh, dan dampak traveling time dump truck terhadap operating productivity-nya. Metode statistika utama yang digunakan adalah kolerasi dan regresi linier sedangkan uji statistika yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan t-student, uji-z, dan nilai P (P-value) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa semakin besar rentangan traveling time dump truck, maka rata-rata operating productivity-nya akan semakin kecil. Secara umum jumlah traveling time terlama dalam satu hari meningkat dan jumlah traveling time tersingkat dalam satu hari menurun mulai dari awal shift hingga akhir shift, baik pada shift siang maupun malam. Salah satu saran yang dapat diberikan adalah perlu dijaga keidealan suasana untuk kegiatan traveling pada pagi hari, yang berupa debu yang beterbangan sedikit, udara yang sejuk, suasana yang terang, semangat dan energi operator dump truck yang tinggi, serta tingkat kejenuhan yang rendah, sepanjang hari agar traveling time dump truck dapat selalu berada pada kondisi minimum.


Keywords


dump truck, kelelahan, operating productivity, traveling time

Full Text:

PDF

References


Agarwal, B.L. (2006): Basic Statistics, New Age International (P) Limited, Publishers, New Delhi, 351 – 365.

Brase, C. H., dan Barse, C. P. (2013): Understanding Basic Statistics, Sixth Edition, Brooks/Cole Cengage Learning, Boston, 386 – 430.

Darling, P. (2011); SME Mining Engineering Handbook Third Edition. Society for Mining, Metallurgy, and Exploration, Inc, Amerika Serikat, 903 – 977.

Fatona, L. (2015): Perbedaan Tingkat Kelelahan Antara Shift Pagi, Sore, dan Malam pada Perawat Rawat Inap Di RS PKU Aisyiyah Boyolali. Skripsi Program Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 65 – 75.

Hustrulid, W., Kuchta, M., dan Martin, R. (2013): Open Pit Mine Planning & Design, Third Edition, CRC Press, Boca Raton, 900 – 990.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.