PEMODELAN UJI TRIAKSIAL DAN UJI GESER LANGSUNG DI LABORATORIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Nurhalimah Vivid Permatasari

Abstract


Kegiatan pertambangan merupakan kegiatan untuk mengambil sumber daya alam yang berasal dari perut bumi seperti minyak bumi, gas bumi, mineral dan batuan, serta batubara. Dalam membuat bukaan tambang diperlukan desain awal yang baik yang memerhatikan sifat-sifat dan material tanah yang akan digali. Pada saat melakukan penyelidikan geoteknik, sifat-sifat material dan parameter kekuatan batuan perlu diketahui. Salah satu parameter kekuatan batuan yang perlu diketahui dalam penyelidikan geoteknik adalah kohesi dan sudut gesek dalam. Kedua parameter tersebut didapatkan melalui uji laboratorium yaitu uji triaksial dan uji kuat geser langsung menggunakan pendekatan kriteria keruntuhan yang sama yaitu Mohr-Coulumb. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemodelan uji triaksial dan uji kuat geser langsung di laboratorium menggunakan metode elemen hingga. Hasil uji laboratorium yang dilakukan pada sampel sandstone mendapatkan kohesi 0.127 MPa dan sudut gesek dalam 32o. Pemodelan dilakukan dalam dua perilaku batuan yaitu elastik dan elastoplastik. Pemodelan uji triaksial dengan perilaku elastik menghasilkan kohesi 0.145 MPa dan sudut gesek dalam 32o, sedangkan dengan perilaku elastoplastik didapatkan kohesi 0.13 MPa dan sudut gesek dalam 31o. Untuk pemodelan uji kuat geser langsung dengan perilaku elastik mendapatkan kohesi 0.132 MPa dan sudut gesek dalam 30o, sedangkan dengan perilaku elastoplastik didapatkan kohesi 0.128 MPa dan sudut gesek dalam 23o. Pemodelan dengan menggunakan metode elemen hingga juga dapat memperlihatkan kondisi tegangan dan perpindahan serta bentuk keruntuhn yang terjadi di dalam contoh batuan yang tidak dapat diketahui jika dilakukan dengan uji laboratorium secara langsung. 


Keywords


Uji Triaksial, Uji Kuat Geser Langsung, Metode Elemen Hingga, Kohesi, Sudut Gesek Dalam

Full Text:

PDF

References


Arif, Irwandy. 2016. Geoteknik Tambang. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Bhawani Singh, R.K. Goel, in Engineering Rock Mass Classification, 2011

Castellanos B.A., Brandon T.L. 2013. “A Comparison Between the Shear Strength Measured with Direct Shear and Triaxial Devices on Undisturbed and Remolded Soils”. Soil Mechanics and Geotechnical Engineering. Virginia Polytechnic Institute and State University. Blacksburg, Virginia, United States.

Cook, Robert D. 1981. Concepts and Applications of Finite Element Analysis 2nd Edition. Madison. John Wiley & Sons Inc.

Finite Element Lab of Department of Earth, Ocean and Atmospheric Sciences (2013). Lab Practical-Finite Element Stress & Deformation Analysis. Dikutip 1 Agustus 2020: https://www.eoas.ubc.ca/courses/eosc433/lecture-material/Lab10-FiniteElementExercise.pdf

Rai, M.A., Kramadibrata, S., Wattimena, R. K. 2011. Mekanika Batuan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 826 times
PDF - 754 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.