NILAI TAMBAH PEMANFAATAN LIMBAH PADA KEGIATAN PERTAMBANGAN SEBAGAI WUJUD APLIKASI KAIDAH PERTAMBANGAN YANG BAIK (GOOD MINING PRACTICES)

Namira Alifa Putri, Muhammad Affan Maodin, Muhammad Iqbal

Abstract


yang memiliki nilai jual secara ekonomi. Keberadaan kegiatan pertambangan telah memberikan manfaat secara ekonomi bagi berbagai pemangku kepentingan. Selain itu pertambangan juga menghasilkan limbah yang berpotensi mencemari lingkungan. Salah satu upaya dalam pengelolaan limbah pertambangan adalah dengan melakukan pemanfaatan. Makalah ini bertujuan untuk menganalisa nilai tambah (added value) dari limbah yang dihasilkan oleh kegiatan pertambangan. Metode yang digunakan adalah valuasi moneter terhadap penghematan biaya pengadaan material dan biaya pemulihan lingkungan (remediasi). Studi kasus pemanfaatan oli bekas untuk kegiatan peledakan digunakan sebagai kasus perhitungan nilai tambah. Total value added dari penggunakan oli bekas untuk studi kasus pada makalah ini adalah sebesar Rp 284.718.574,50 yang didapatkan dari tiga komponen valuasi moneter: biayapengolahan oli bekas(BP), biaya penghematan FO (VFO), danmanfaatterhindarnya tanah daripencemaran OB (VL). Namun demikian, perbedaan asumsi yang digunakan akan memberikan value added yang berbeda pula sehingga karakteristik dari prosentase penggunaan oli bekas dan harga pasar yang berlaku terhadap fuel oil dan biaya pengolahan limbah merupakan parameter utama dalam perhitungan ini.

 


Keywords


nilai tambah, limbah, oli bekas, peledakan, pertambangan

Full Text:

PDF

References


Adiansyah, J. S., Rosano, M., Vink, S. & Keir, G. 2015. A Framework for a Sustainable Approach to Mine Tailings Management: disposal strategies. Journal of Cleaner Production, 108, 1050-1062.

Blight,G. 2011. Mine Waste: A Brief Overview of Origins, Quantities, and Methods of Storage

BPS. 2019. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018, Badan Pusat Statistik:Jakarta.

Martono. 2002. Studi Valuasi Ekonomi (Nilai Cadangan) Batubara:Studi kasus Ombilin. Jurnal Manusia dan Lingkungan, Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM: Yogyakarta, Vol IX Juli 2002, 89-100

Phelps, Jacob., Hariyanti, B., Sinaga, AC., Dermawan, A. 2014. Implikasi pada Kebijakan di Kehutanan, Pertanggung-jawaban Hukum dan Estimasi Kerugian Negara, Jurnal BRIEF, No. 32 October 2014.

Setiawati, Susi. 2012. Valuasi Ekonomi Pertambangan Selaras Lingkungan Lestari; Studi Kasus:Pertambangan Emas Pongkor. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, Vol 1 Edisi Desember 2012.

Widyansyah & Surya. 2020. Circular Economy, Strategi Kurangi Sampah Plastik di Lautan Indonesia. Diakses tanggal 13 Januari 2020


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.