KETERPADUAN KEGIATAN PROGRAM PENDIDIKAN PT BUMI SUKSESINDO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN WARGA PRA SEJAHTERA MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG

Atika Dewi Evitasari, Amirrul Darmawan

Abstract


Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Bumi Suksesindo (PT BSI) bidang pendidikan bagi warga pra sejahtera sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan. Program ini sesuai dengan Kepmen ESDM No. 1824/2018 guna berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan primer dan sekunder yang gratis, setara dan berkualitas. PT BSI mempunyai tujuan mensejahterakan masyarakat sekitar tambang melalui pengembangan sumber daya manusia untuk mempersiapkan generasi yang mampu berdaya saing dan mandiri secara berkelanjutan. Dalam pengembangan masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan PT BSI menggunakan metode dengan beberapa tahapan: (1) Pemetaan sosial di wilayah sekitar tambang melalui jasa konsultan dari CSR A+. (2) Evaluasi hasil pemetaan sosial untuk menentukan program yang cocok diterapkan di Kecamatan Pesanggaran dan sesuai dengan kebutuhan warga. (3) Melaksanakan program sesuai dengan perencanaan dan target yang ingin dicapai untuk pengembangan sumber daya manusia. Keterpaduan program pendidikan terdiri dari bantuan bus sekolah, beasiswa pendidikan, dan beasiswa kejar paket. PT BSI menyediakan empat unit bus sekolah gratis bagi siswa di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Hal ini dinilai sangat membantu siswa dari keluarga pra sejahtera dalam hal transportasi. Capaian total siswa yang menggunakan bus sekolah dari tahun 2018 sampai dengan 2019 sebanyak 431 siswa. Selanjutnya beasiswa pendidikan mulai dari tingkat SD sampai tingkat perguruan tinggi bagi siswa kurang mampu dan berprestasi. Tiga tahun terakhir data penerima manfaat program beasiswa mulai dari tahun 2018 sampai dengan 2020 secara berturut-turut sebanyak 140 orang, 141 orang dan 145 orang. Bagi warga yang terlanjur putus sekolah, PT BSI memberikan kesempatan melalui pendidikan kesetaraan paket B dan paket C yang bekerja sama dengan PKBM Lentara Hati di Desa Sumberagung, program ini dilaksanakan sejak tahun 2019. Dengan total warga belajar tahun 2019 sebanyak 40 orang, tahun 2020 sebanyak 59 orang. Berdasarkan monitoring pelaksanaan program pendidikan PT BSI dan data  penerima manfaat dapat lebih dioptimalkan dalam rangka untuk memenuhi pendidikan yang berkualitas bagi warga pra sejahtera di sekitar perusahaan. Dan membantu program pemerintah yakni penuntasan wajib belajar 12 tahun. Keterpaduan program tersebut berkontribusi nyata terhadap Angka Partisipasi Murni (APM) pendidikan dasar di Kecamatan Pesanggaran mencapai 100%.


Keywords


PT Bumi Suksesindo, keterpaduan, kualitas pendidikan, warga pra sejahtera

Full Text:

PDF

References


Kecamatan Pesanggaran dalam Angka 2018. data diperoleh melalui situs internet: https://banyuwangikab.bps.go.id/publication/2018/09/26/705dc82f01c1d3173c3bb4ac/kecamatan-pesanggaran-dalam-angka-2018.html. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2010.

Kecamatan Pesanggaran dalam Angka 2019. data diperoleh melalui situs internet: https://banyuwangikab.bps.go.id/publication/2019/09/26/b8b52f3ffc3075826f3aa559/kecamatan-pesanggaran-dalam-angka-2019.html. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2010.

Nurkolis (2003): Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 74 – 78.


Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.