PREDIKSI PEMBENTUKAN DAN KUALITAS AIR PIT LAKE: BERDASARKAN KONDISI HIDROLGI DAN GEOKIMIA BATUAN

Ginting J Kusuma, Kris Pranoto, Edy J Tuheteru, Imanuel Manege, Rudy S Gautama

Abstract


ABSTRAK

 

Pada akhir masa penambangan, tambang batubara terbuka akan membentuk kolam tambang (pit lake) yang kualitas air bentukannya dipengaruhi oleh kualitas air lindian tiap litologi batuan dinding pit. Lokasi penelitian dilakukan di salah satu pit di wilayah Kalimantan, dengan litologi batuan dinding pit terdiri dari 30% batuan yang berpotensi asam dan 70% batuan yang tidak berpotensi asam dengan kualitas air sump memiliki pH yang rendah. Penilitian ini dilakukan untuk membuat prediksi pengisian pit dengan air dan waktu yang dibutuhkan sampai pit terisi dengan air secara penuh selain itu juga dilakukan prediksi kualitas air yang akan terbentuk. Berdasarkan data hidrologi yang ada, maka pit pada lokasi penelitian diprediksi akan terisi penuh dan mencapai permukaan air yang stabil pada tahun ke-36 dengan total volume air 24.000.000 m3, sumber air utama yang digunakan untuk menghitung lama waktu terisi air adalah air hujan yang jatuh langsung ke dalam pit, tanpa memperhitungkan luasan tangkapan hujan di sekitar pit. Prediksi kualitas air pada pit lake dilakukan dengan pencampuran (mixing) air lindian pada tiap litologi dinding pit menggunakan perangkat lunak PHREEQC dengan data karakteristik geokimia, kualitas air lindian sampel, dan kandungan mineral pada batuan, berdasarkan data tersebut, maka dilakukan prediksi kualitas air dengan menggunakan tiga skenario yakni skenario optimis, konservatif dan proporsional. Hasil yang diperoleh pada prediksi kualitas air terutama untuk nilai pH yang akan terbentuk di tahun ke-36 adalah sebagai berikut skenario optimis sebesar 6,8, skenario konservatif sebesar 3,13 dan skenario proporsional adalah sebesar 3,42.

 

 


Keywords


Air lindian, kualitas air, simulasi prediksi, pit lake

Full Text:

PDF

References


Gautama, R. S. (2014): Pembentukan, Pengendalian dan Pengelolaan Air Asam Tambang, Penerbit ITB, Bandung.

Castendyk, D.N, Eary, L. E dan Balistrieri, L.S. (2015): Modeling and management of pit lake water chemistry 1: Theroy, Applied Geochemistry, 57, 267–288.

Oldham, C. (2014): Environmental Sampling and Modelling for the Predection of Long-Term Water Quality of Mine Pit lakes. UWA Publishing, Crawley, Western Australia.

Parkhurst, D.L. and Appelo, C.A.J. (1999) User’s Guide to PHREEQC (Version 2)—A ComputerProgram for Speciation, Batch-Reaction, One-Dimensional Transport, and Inverse Geochemical Calculations. U.S. Geological Survey, Water Resources Investigations Report 99- 4259, Washington DC.


Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.