REDUKSI KECEPATAN DRIVE CONVEYOR SEBAGAI ALTERNATIF PENGURANGAN JARAK TRAJECTORY BATUBARA (STUDI KASUS PROYEK PENINGKATAN MASA PAKAI GUIDE RAIL SAMPLER HEAD END RECALAIMING#2 PT.KPC)

Gendhu Widyasmoro

Abstract


KPC memiliki Conveyor yang terbentang sepangang 26 Km dari melawan sampai Tanjung bara. Masalah Coal trajectory sering terjadi di setiap transfer tower coal conveyor.  Studi kasus mengurangi jarak lintasan trajectory coal flow dilatarbelakangi oleh  kasus terjadinya keausan pada guide rail sampler karena lintasan trajectory coal flow yang menabrak guide rail sampler dan menyebabkan masa pakai rail sangat pendek.

Mekanikal Sampler tipe “falling stream cutter” memiliki desain dengan guide rail yang memotong lintasan trajectory. Ausnya guide rail terjadi karena lintasan trajectory terlalu jauh sehingga menabrak guide rail mekanikal sampler. Akibatnya, mekanikal sampler tidak bisa berfungsi normal dan mematikan sistim konveyor.

Beberapa opsi untuk mengurangi jangkauan trajectory ini tanpa mengurangi kapasitas produksi batu bara adalah :

1. Memundurkan launch pulley menjauhi head pulley.

2. Mengecilkan ukuran diameter launch pulley.

3. Mengurangi kecepatan drive conveyor.

Dari ketiga opsi diatas, yang paling mudah, cepat dan murah adalah opsi ketiga, yakni mengurangi kecepatan drive conveyor. Dalam tulisan ini akan diuraikan analisa perbandingan ketiga opsi diatas dengan menggunakan perhitungan manual dan software. Hasil studi actual di lapangan menunjukkan Trajectory bisa mencapai hasil optimum (tidak mengenai guide rail sampler) dengan mengurangi kecepatan drive conveyor.


Keywords


Lintasan trajectory, Kecepatan Drive konveyor, Guide Rail.

Full Text:

PDF

References


CEMA (Conveyor Equipment Manufacturer Association). (July, 2002). Belt Conveyors for Bulk Materials, Fifth Edition. United States of America: CEMA Publishing

CEMA (Conveyor Equipment Manufacturer Association). (July, 2007). Belt Conveyors for Bulk Materials, Sixth Edition. United States of America: CEMA Publishing

BeltStat v7.0 (December, 2001), User’s Manual. Bellingham WA: Conveyor Dynamics Inc.

C Benjamin, P Docnecker, S Huque & J Rozentals. (2004).The Transfer Chute Design Manual for Conveyor Belt System.Australia: Conveyor Transfer Design Pty.Ltd.

KPC Standards Specification KPC-G-02 Revision 5. (Maret, 2013). Standard Specifications for Coal Characteristics. East Kalimantan: PT. Kaltim Prima Coal.


Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.