ANALISIS PELEDAKAN PADA BATUAN META-SEDIMEN DENGAN STUKTUR LAMINASI DI TAMBANG BATUBARA

M. Syafiq Isnaya, Dhion Pradatama, Slamet Rachman Jaka

Abstract


PT Multi Nitrotama Kimia (PT MNK) merupakan salah satu perusahaan jasa pertambangan yang bergerak pada bidang penyedia jasa peledakan dan penjualan bahan peledak terbesar di Indonesia. Masing-masing pelanggan PT MNK memiliki karakteristik dan tantangannya sendiri pada pelaksanaan operasional peledakan di site mereka. Salah satu tantangan tersebut berkenaan dengan kondisi dan karakteristik geologi pada massa batuan yang akan dilakukan peledakan. Salah satu temuan kondisi geologi yang menjadi perhatian adalah adanya batuan metasediment dengan struktur laminasi. Kondisi tersebut merupakan tantangan pada kegiatan peledakan karena struktur laminasi merupakan lapisan lemah (weak layer) dalam suatu massa batuan yang mana akan menjadi kendala karena menyebabkan energi peledakan tidak terdistribusi secara merata sehingga menghasilkan fragmentasi peledakan yang tidak optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan langkah perbaikan pada peledakan di batuan metasediment dengan struktur laminasi.

Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data-data terkait untuk menunjang analisis lanjutan berupa data-data geologi dan data desain serta geometri peledakan. Dalam penelitian ini dilakukan observasi langsung terhadap struktur laminasi yang terdapat pada massa batuan yang ada di lapangan dan observasi terhadap kualitas hasil peledakan.

Berdasarkan pengamatan, batuan metasediment yang berada di kolom stemming berperan sebagai weak layer sehingga membuat distibusi energi di kolom steming menjadi tidak optimal karena perlepasan energi di lubang ledak mengarah kepada struktur laminasi. Langkah perbaikan yang dilakukan agar didapatkan fragmentasi peledakan yang optimal yaitu penerapkan metode double primmer. Metode double primmer ini bertujuan untuk membantu reinforcement energi pada bagian yang memerlukan ekstra energi. Penggunaan metode double primmer pada peledakan di struktur laminasi pada batuan metasediment dapat meningkatkan hasil fragmentasi peledakan


Keywords


Peledakan, Fragmentasi, Laminasi , Double Primer

Full Text:

PDF

References


Ash, R. L. 1990. “Design of Blasting Round Surface Mining”. B. A. Kennedy Editor, Society for Mining, Metallurgy, and Explotion, Inc.

Chappetta, R. F. 2004. “New Blasting Technique to Eliminate Subgrade Drilling, Improve Fragmentation, Reduce Explosive Consumption and Lower Ground Vibration”.

Chunningham, C.V.B. 1983. “The Kuz-Ram Model for Prediction of Fragmentation from Blasting”. Sweden: Symposium on Rock Fragmentation by Blasting.

Ghasemi, Ibarhim. 2012. “Development of an Empirical Model for Predicting The Effects of Controllable Blasting Parameters on Flying rock Distance in Surface Mines”. International Journal of Rock Mechanic and Mining Sciences : Brookfield

Lubis, Herri. 2015. “Aplikasi Air Deck dalam Mengoptimalkan Blasting Performance”.

Lunborg. 1981. “The Probability of Fly Rock”. Sve De Fo Report. DS 1981.

McLaughlin, Pat. 1893. “Appplication of Air Deck in Surface Blasting”. Tanzania: Case Study Barrick Gold.

Mel’nikov, N. V., and Marchenko, L. N. 1971. “Effective Methods of Appl- ication of Explotion Energy ini Mining and Construction”. New York: AIME.

Mel’nikov, N. V., and Marchenko, L. N., Seinov, N. O., and Zarikov , I. K. 1979. “Method of Enhanced Rock Blasting by Blasting”. New York: AIME.


Article Metrics

Abstract view : 524 times
PDF - 551 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.