INOVASI SCORING AUDIT BLASTING ACTIVITY (SABA) SEBAGAI TOLAK UKUR PEMENUHAN IMPLEMENTASI SOP BLASTING ACTIVITY DI PT.AEL SITE MSJ, TENGGARONG SEBERANG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

Andrias Teguh Santoso, Ashar Ali

Abstract


PT. AEL Indonesia merupakan salah satu perusahaan blasting service di Indonesia, dan memiliki beberapa site, diantaranya site KPC Sangatta, site KPC Bengalon, site Melak dan site MSJ.

Standard Operasional Prosedur ( SOP ) merupakan hal yang selalu wajib ada dalam suatu industri khususnya industri pertambangan, yaitu kegiatan peledakan overburden. Salah satu SOP yang ada adalah SOP Blasting Activity. Pelaksanaan SOP Blasting Activity harus dilakukan monitoring oleh pengawas agar memastikan semua karyawan mengikuti SOP yang ditetapkan, namun dalam pelaksanaan di lapangan, pengawas belum memiliki alat yang lengkap untuk memastikan SOP Blasting Activity dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh semua karyawan. Oleh karena itu dibuatlah suatu inovasi alat audit yang disebut  “Scoring Audit Blasting Activity”.

Scoring Audit Blasting Activity ( SABA) adalah program Audit yang dilaksanakan secara berkala dan fokus pada kegiatan peledakan yang tertuang dalam SOP Blasting Activity dan dapat memberikan feed back terhadap implementasi SOP Blasting Activity. Scoring Audit Blasting Activity ( SABA) dilaksanakan secara bulanan dan dilakukan oleh level pengawas dan level top managemen. Program audit ini berupa scoring (dalam range 0-100) terhadap masing-masing langkah pekerjaan dalam SOP Blasting Activity, seperti persiapan lokasi, penurunan asesoris peledakan, penebaran asesoris, priming, charging, stemming, tie up, pemeriksaan akhir rangkaian peledakan, firing, dan post blast atau pengecekan paska peledakan.

Hasil Scoring Audit Blasting Activity ( SABA) ini dilakukan review setiap bulan, apabila terdapat nilai dibawah 100 pada salah satu atau lebih langkah dalam SOP Blasting Activity maka dilakukan perbaikan terhadap kegiatan dalam langkah tersebut, namun apabila dalam audit terdapat nilai sempurna 100 maka akan diberikan apresiasi oleh pengawas atau top managemen.

Scoring Audit Blasting Activity ( SABA) dapat menekan kecelakaan dalam aktifitas peledakan seperti misfire dan fly rock. Selain itu program ini dapat memberikan ukuran dan dasar acuan dalam pemenuhan pelaksanaan SOP Blasting Activity.


Keywords


Blasting Service, SOP Blasting Activity, Pengawas, Karyawan, Scoring Audit Blasting Activity ( SABA)

Full Text:

PDF

References


Sahat, dan Martin, E. (2019): SOP Blasting Activity, Document Control AEL Indonesia, 1, 2 – 18.


Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.