KEMAJUAN TEKOLOGI DALAM PERTAMBANGAN BATUBARA DI INDONESIA

Hafiz Al Assad

Abstract


Batubara secara umum digunakan sebab memiliki kandungan panas, baik digunakan untuk aktivitas pembakaran secara langsung ataupun secara pencairan dan gasifikasi. Penggunaan batubara secara domestic yang sangat besar sekarang ini adalah sebagai bahan bakar dari PLTU yang memanfaatkan batubara termal dengan cara dibakar secara langsung yang kira-kira sampai 71% masuk ke dalam PLTU atau senilai dengan 99 juta ton. Tidak hanya itu, batubara juga digunakan pada beberapa pabrik seperti pabrik baja, semen, tekstil dan lain-lain dengan jumlahnya tidak sebanyak yang digunakan oleh PLTU. (Agus Haris Widayat, 2020, p. 58). Namun karena dampak yang diberikan oleh pandemi Covid-19 saat ini batubara mengalami pelemahan harga sekitar 44% selama setahun setengah belakangan ini. Hal tersebut didasarkan pada informasi yang diberikan oleh Kementerian ESDM Indoneisa, dimana pergerakan pada harga jual batubara mengalami pelemahan, dimana pada awal tahun 2019 harga batubara ada pada level $92.41/ton. Namun pada awal tahun 2020 semakin melemah menjadi $ 65.93/ ton, lalu pada bulan Juli di tahun 2020 semakin merosot menjadi $52.16/ton. (Sadiq, 2021, p. 19), untuk itu sangat penting bagi pemerintah melakukan inovasi teknologi agar tetap bisa mempertahakan ekistensi batubara, hal tersebut karena batubara adalah kekayaan bumi yang dikuasai oleh negara, sesaui dengan kebijakan dalam Pasal 33, Ayat (2) dan Ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945. (Ahmad Redi, 2020, p. 1)

Full Text:

PDF

References


Agus Haris Widayat, K. A. (2020). Pengaruh Komposisi Maseral Batubara Muara Wahau Terhadap Perilaku Termal Menggunakan Pendekatan Pirolisis Dengan Thermogravimetric Analysis (TGA). Indonesian Mining Professionals Journal Volume 2, Nomor 2, 58.

Ahmad Redi, d. (2020). Indonesia The Mining Law Review Telaah Atas Kebijakan Hukum Pertambangan Di Indonesia Pasca Perubahan UU Mineral dan Batubara. Yogyakarta: Deepublish.

Muh Arif Idhan, d. (2021). Efek Strutkur Geologi Patahan Pada High-Wall Tambang Batubara Dan Evaluasi Longsor Berdasarkan Kecepatan Perpindahan Di Daerah Bengalon Kecamatan Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. Indonesian Mining Professionals Journal Volume 3 Nomor 1, 10.

Priema Wardani, d. Z. (2020). Sistem Peringatan Dini: Pemantauan Lereng Tambang Menggunakan Aplikasi Telegram. Indonesian Mining Professionals Journal Volume 2, Nomor 2, 83.

Sadiq, M. R. (2021). Implementasi Bottom Air Deck Dan Expand Pattern Secara Terintegrasi Dalam Rangka Optimalisasi Penggunaan Bahan Peledak Di Pit South Pinang PT. Kaltim Prima Coal. ndonesian Mining Professionals Journal Volume 3, Nomor 1, 19.

Suarna, E. (2011). Perkembangan Teknologi Batubara Bersih Berwawasan Lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, Volume. 12, Nomor. 1, 29.


Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 25 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.