KEBIJAKAN PERTAMBANGAN BERBASIS ZERO CARBON MINING SEBAGAI SOLUSI STRATEGIS UNTUK MENJAWAB TANTANGAN INDUSTRI PERTAMBANGAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN BERKELANJUTAN

Mochamad Fathur Hidayattullah

Abstract


“Menjadi Penggerak Utama Pembangunan Nasional Melalui Pengelolaan ESDM yang Optimal Demi Terwujudnya Kemandirian dan Ketahanan Energi Untuk Kesejahteraan Rakyat Yang Adil dan Merata”
-- VISI RENSTRA ESDM 2020-2024 --
Kutipan kalimat tersebut adalah refleksi akan cita-cita sakral bagi pembangunan energi di Indonesia. Bangsa Indonesia dengan segala potensi dan kekayaan alam terutama sektor mineral dan batubara mampu untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi untuk
rakyatnya. Kemandirian yang dimaksudkan adalah mampu untuk berdiri sendiri dalam segala pemenuhan kebutuhan energi nasional tanpa harus bergantung pada pihak lain. Ketahanan yang dimaksudkan adalah mampu bertahan dari segala tantangan dan kondisi dengan memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki sendiri. Kedua aspek tersebut telah dimiliki oleh bangsa ini dan langkah selanjutnya adalah mewujudkan mimpi besar tersebut. Kekayaan mineral dan batu
bara Indonesia sangat melimpah. Potensi batu bara Indonesia berupa cadangan mencapai 38,84 miliar ton dengan rata-rata produksi sebesar 600 juta ton per tahun, maka disimpulkan bahwa umur cadangan batubara Indonesia masih 65 tahun ke depan (Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, 2021). Tidak kalah juga potensi mineral Indonesia yaitu Nikel yang memiliki cadangan mencapai 52% dari total cadangan dunia saat ini yang sebesar 139 juta ton dan merupakan yang terbesar di dunia (Asosiasi Penambang Nikel Indonesia, 2021). Kedua hal tersebut sangat merepresentasikan akan ketangguhan energi Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penambang Nikel Indonesia. (2021, April 26). Menimbang Potensi Besar Nikel Indonesia.

From nikel.co.id: https://nikel.co.id/menimbang-potensi-besar-nikel-indonesia/

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2020, September 18). Rencana Strategis ESDM 2020 -2024. ESDM. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2021, Juli 27). Cadangan Batubara Masih 38,84 Miliar Ton, Teknologi Bersih Pengelolaannya Terus Didorong. From esdm.go.id: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/cadangan-batubara-masih-3884-miliarton- teknologi-bersih-pengelolaannya-terus-didorong

KESDM. (2020). Rencana Strategis ESDM 2020-2024. Jakarta: KESDM.

KLHK. (2019). Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring, Pelaporan, Verifikasi (MPV). Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Jakarta.

Rosyid, F. A., Ginting, F. A., & Wibowo, A. P. (2020). Analisis Dampak Investasi Terhadap Perekonomian Daerah: Studi Kasus Investasi Pertambangan Mineral Logam Provinsi Papua. Indonesian Mining Professionals Journal, 11.

Wardani, P., & Munthaha, Z. I. (2021). Sistem Peringatan Dini: Pemantauan Lereng Tambang Menggunakan Aplikasi Telegram. Indonesian Mining Professionals Journal, 83.


Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 50 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.