Teknologi Smart Mining dan Penerapannya berdasarkan Kebijakan Minerba Terbaru untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045

Rahul Gonzales

Abstract


Menurut Aris et al., (2019). Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam, baik sumber daya alam yang bisa diperbarui maupun sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Kondisi geografis Indonesia yang berada di pertemuan lempeng tektonik dan bagian dari cincin api pasifik membuat sumber daya alam tersebar di seluruh pulau di negeri ini. Menurut Undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 33 ayat 3, setiap sumber daya yang terdapat di wilayah Indonesia diperuntukan untuk kepentingan nasional dan kemakmuran rakyat. Untuk mewujudkan amanat tersebut, maka dibutuhkan beberapa parameter seperti teknologi dan kebijakan yang tepat dari pemerintah.

Full Text:

PDF

References


Achmadi Fadhila Dkk. ANALISIS DAMPAK INVESTASI TERHADAP PEREKONOMIAN DAERAH : STUDI KASUS INVESTASI PERTAMBANGAN MINERAL LOGAM PROVINSI PAPUA. Indonesian Mining Professionals Journal. Volume 2, Nomor 1. ANALISIS DAMPAK INVESTASI TERHADAP PEREKONOMIAN DAERAH: STUDI

KASUS INVESTASI PERTAMBANGAN MINERAL LOGAM PROVINSI PAPUA | Rosyid| Indonesian Mining Professionals Journal (perhapi.or.id). Diakses Pada 4 Agustus 2021.

Dunia Tambang. (2019, 29 Mei). Tantangan Smart mining di lapangan, Masa depan pertambangan?. Diakses pada 4 Agustus 2021, dari Tantangan Smart mining di lapangan, Masa depan pertambangan? (duniatambang.co.id)

Dwi Ari Dkk. 2019. IMPLEMENTASI PERMEN ESDM NO.17 TAHUN 2012 SEBAGAI SOLUSI ANTARA PENGUSAHAAN MINERAL DAN PERLINDUNGAN KAWASAN KARST DI INDONESIA. Indonesian Mining Professionals Journal. Volume 1, Nomor 1. Implementation Of Permen Esdm No. 17/2012 As A Solution Between Mineral Businessesand Conservation Karst Zone In Indonesia | Nugroho | Indonesian Mining Professionals Journal (perhapi.or.id). Diakses Pada 4 Agustus 2021.


Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 89 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.