OPTIMASI BATUBARA SIDE-WALL PIT 5 Ext SEBAGAI UPAYA KONSERVASI PT. ARUTMIN INDONESIA SITE ASAMASAM

Kurnia Candra, Ilham Maessa, Asriya Helfindo, Gumilang Oktantyo

Abstract


Konservasi mineral dan batubara adalah upaya dalam rangka optimalisasi pengelolaan, pemanfaatan dan pendataan sumberdaya mineral dan batubara secara terukur, efisien, bertanggung jawab dan berkelanjutan. PT Arutmin Site Asamasam sebagai perusahaan yang mengedepankan konservasi batubara selalu melihat peluang dalam mengoptimasi cadangan batubara yang menguntungkan untuk ditambang. Dalam proses penambangan batubara di Pit 5 Ext final design di side-wall pasti meninggalkan batubara yang tergambarkan tidak akan tertambang oleh desain menjadi bench. Namun, batubara tersebut bisa dilakukan pengambilan (coal getting) secara teknis operasional penambangan dan parameter geoteknik yaitu faktor keamanan lereng yang aman dengan monitoring intensif. Atas dasar tersebut dibuatlah kajian teknis untuk melakukan pengambilan batubara di side-wall dengan sistem box cut mining. Batubara dengan tebal >2 meter, atau minimal area untuk bucket excavator bisa melakukan coal getting dengan expose OB minimal di bagian roof batubara, ditambang dari elevasi M05 hingga M70. Nilai keamanan lereng side-wall batubara berkisar 1,139 – 1,502 atau masuk dalam kategori kritis hingga aman (Bowles, 1989). Perolehan batubara optimasi side-wall berdasarkan model yaitu 11,5 kt dengan overburden 5,4 kbcm atau SR 0,47. Optimasi ini memberikan kontribusi sebesar 2,7% dari sisa cadangan Pit 5 Ext PT. Arutmin Indonesia Site Asamasam hingga desain final.

Keywords


Konservasi, Optimasi, Sidewall

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827/K/30/MEM/2018 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik.

Keputusan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara No. 185.K./37.04/DJB/2019 tentang PetunjukTeknis Pelaksanaan Keselamatan Pertambangan Dan Pelaksanaan, Penilaian, dan Pelaporan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Mineral Dan Batubara.

Das, Braja M. 2002. Principles of Geotechnical Enginnering Fifth Edition. USA: Wadsworth Group

Dirjen Minerba. (2019): Presentasi Ruang Lingkup Aspek Konservasi Dalam Kaidah Teknis Pertambangan Yang Baik.


Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.