INKUSI TEKNOLOGI MINING EYES PADA APLIKASI METODE LOADING READY TO REVERSE DI PIT C1 BLOK 8 PT BERAU COAL

Saeful Aziz, Safril Hasani, Pandu Zea Ardiansyah, Andhika Indra Subroto, Bagus Pranugraha, Hafidz Nasher

Abstract


Pit C1 Blok 8 Site Binungan Mine Operation Area 2 PT Berau Coal merupakan salah satu area operasional penambangan batubara dengan karakteristik multi-seam, kemiringan lapisan batubara pada interval 12 – 20 derajat, ketebalan lapisan batubara pada interval 0.5 – 7.5 meter, dan variasi ketebalan interburden pada interval 3 – 300 meter. Karakteristik endapan batubara menjadi salah satu pertimbangan dalam pembentukan disain penambangan batubara yang dikolaborasikan dengan disiplin ilmu lain diantaranya geoteknik, hidrologi, safety and environment, inklusi teknologi, dan aspek – aspek lainnya. Produktivitas alat gali-muat menjadi salah parameter penting dalam mengukur efektivitas operasi produksi. Salah satu yang mempengaruhi produktivitas alat gali muat adalah metode loading di area front penambangan. Salah satu metode loading yang dapat diterapkan adalah ready to reverse. Salah satu value yang dipegang oleh PT Berau Coal yakni continuous improvement. Didorong oleh semangat dari value tersebut, PT Berau Coal melakukan kajian dan implementasi terkait kemungkinan pengawasan jarak jauh melaui mining eyes (cctv) dapat mendukung proses operasi produksi termasuk melakukan verifikasi jarak jauh dalam penerapan metode loading ready to reverse. Tujuan improvement ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan safety penerapan metode loading ready to reverse yang sebelumnya dilakukan melalui verifikasi langsung di lapangan oleh pengawas. Adapun area kajian dan implementasi ini dilaksanakan di Pit C1 Blok 8 Site Binungan Mine Operation Area 2 PT Berau Coal. Dalam penelitian ini penulis bersama team yang yang dibentuk (terdiri dari department Mine Planning, Mine Operation, Safety, Operation Training and Development) melakukan perencanaan menggunakan siklus plan, do, check, action (PDCA) terkait parameter dan standar yang proper untuk digunakan sebagai bagian dari manajemen perubahan. Hasil improvement ini menunjukan bahwa pengayaan inklusi tekonologi mining eyes pada pengaplikasian metode loading ready to reverse di Pit C1 Blok 8 PT Berau Coal dapat meningkatkan kontribusi positif terhadap capaian produksi sebesar 524.880 m3/bulan.

Keywords


Mining Eyes, Ready to Reverse, Manajemen Perubahan

Full Text:

PDF

References


Idris, J. (2020): Implementasi Mining Eyes Teknology untuk Efektivitas Operasional PT Berau Coal

Site Binungan Mine Operation Dua, Kalimantan Timur. Magister Bisnis and Administrasi – Teknologi.

Kementerian ESDM. (2018): Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1827.K/30/MEM/2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. Jakarta: Kementerian ESDM.

Komatsu. (2009): Spesifications & Application Handbook Edition 30, Komatsu, 2A-2 – 2A-105.

Komatsu. (2009): Spesifications & Application Handbook Edition 30, Komatsu, 4A-2 – 4A-64.

Komatsu. (2009): Spesifications & Application Handbook Edition 30, Komatsu, 14A-9 – 14A-19.

Sepriyanto, dan Djunaidi, Z. (2022): Implementasi Penggunaan Driving Monitoring System (DMS) Sebagai Kendali Bahaya Dari Aktivitas Pengoperasian Unit Pengangkutan Batubara PT. Berau Coal. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 5. No. 6, 733-743.


Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.