KEMUDAHAN PENIMBANGAN UNIT ANGKUT TANPA BERHENTI DENGAN TEKNOLOGI WEIGH-IN-MOTION (WIM)

Bernard Sinaga, Mufti Ali, Jerry Anwar Halim, Siswono Siswono, Rahmadhani Rahmadhani

Abstract


Tantangan besar perusahaan pertambangan batubara dalam meningkatkan volume produksi adalah pengelolaan jalur rantai pasokan batubara dari hulu ke hilir yang lebih efektif dan efisien serta meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Dalam menjalankan operasional pengangkutan batubara, PT Borneo Indobara (BIB) bekerjasama dengan 10 BUMDES lingkar tambang binaan CSR dengan jumlah armada Dump Truck (DT) sebanyak 850 unit, sehingga saat ini pembayaran jasa angkut mitra kerja harus dipisahkan dengan cara penimbangan masing-masing unit pada jembatan timbang statik (WB). Seiring dengan peningkatan produksi BIB, frekuensi kegiatan penimbangan DT kapasitas 28 Ton ini menjadi sangat tinggi yaitu mencapai 3500 – 4000 kali penimbangan per hari sehingga menyebabkan kerap terjadinya antrian unit, serta perbaikan WB akibat frekuensi penimbangan yang melebihi spesifikasi WB yaitu 250 kali penimbangan per hari. Disamping itu, BIB juga mulai menggunakan 31 unit alat angkut yang lebih besar yaitu Single Semi-Trailer Door Tipper (SDT) kapasitas 90 ton Double Semi-Trailer Door Tipper (DDT) dengan kapasitas 2 x 90 Ton, namun saat ini SDT & DDT tidak dapat ditimbang dikarenakan keterbatasan kapasitas dan dimensi WB statik BIB. Berdasarkan KEPMEN ESDM No.1827 K/30/MEM/2018, Bab E mengenai Kegiatan, Poin 4, dijelaskan bahwa penerapan teknologi baru dapat dilakukan untuk kegiatan usaha pertambangan. Weigh-In-Motion (WIM) merupakan salah satu transformasi proses dalam operasional coal chain BIB yang memungkinkan penimbangan truk dilakukan dalam kondisi bergerak, tanpa perlu berhenti seperti penimbangan truk pada WB Statik. Dengan teknologi WIM yang menimbang kendaraan per axle, tidak ada batasan panjang kendaraan yang ingin ditimbang sehingga kendaraan seperti Double Trailer, Triple Trailer, bahkan Road Train dapat diketahui beratnya. Beberapa keunggulan teknologi WIM dibanding WB statik adalah memiliki kapasitas beban yang lebih tinggi, tidak ada keterbatasan frekuensi penimbangan harian, fleksibel untuk berbagai dimensi panjang truk, durasi penimbangan 3x lebih cepat, serta nilai investasi dan biaya perawatan yang lebih rendah. Disamping itu, WIM juga dilengkapi teknologi RFID untuk otomatisasi pembacaan nomor lambung truk sehingga tidak diperlukan pencatatan manual oleh pengawas, serta dilengkapi teknologi CCTV snapshot sebagai informasi pendukung untuk validasi setiap penimbangan. Dengan menerapkan WIM, kapasitas penimbangan BIB meningkat dari 180 DT per jam menjadi 540 DT per jam atau 60 DDT per jam menjadi 180 DDT perjam, serta rata-rata biaya perawatan WIM lebih rendah 90% dibandingkan perawatan WB Statik ukuran DDT.

Keywords


Weigh-In-Motion, Rantai Pasok Batubara (Coal Chain), Kenaikan Produksi

Full Text:

PDF

References


Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. (2018). Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga. (2021). Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga Nomor 20 Tahun 2021 tentang Syarat Teknis Weighing In Motion (Timbangan Kendaraan Bergerak). Jakarta.

Messenböck, Reinhard., Lutz, Michael., Hilberath, Christoph. (2019). Putting People at the Center of Change. Diakses pada 3 September 2022. https://www.bcg.com/capabilities/business-transformation/change-management/putting-people-center-change.

Is-wim.org. (Tanpa Tahun). What is WIM and History. Diakses pada 4 September 2022. https://www.kistler.com/en/glossary/term/piezoelectric-effect/.

Kistler.com. (Tanpa Tahun). Piezoelectric effect. Diakses pada 4 September 2022. https://www.kistler.com/en/glossary/term/piezoelectric-effect/.

Kistler.com. (Tanpa Tahun). Charge Amplifiers. Diakses pada 4 September 2022. https://www.kistler.com/en/glossary/term/charges-amplifiers/.

Kistler.com. (Tanpa Tahun). Piezo vs. Strain Gauge. Diakses pada 4 September 2022. https://www.kistler.com/en/glossary/term/piezo-vs-strain-gauge/.


Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 363 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.