ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN DATA GEOMETRI DAN KUALITAS YANG TIDAK STASIONER: STUDI KASUS BATUBARA FORMASI BALIKPAPAN

Andrew Harryanto Sinaga, Mohamad Nur Heriawan, Agus Haris Widayat

Abstract


Endapan batubara memiliki karakteristik berupa kontinuitas spasial yang relatif homogen mengikuti bidang perlapisannya. Karakteristik spasial dari kualitas dan kuantitas seam batubara tersebut dapat diolah berdasarkan data sebaran titik bor. Jika seam batubara memiliki karakteristik kualitas dan kuantitas yang relatif homogen secara spasial maka data disebut stasioner. Namun dalam beberapa kasus data kualitas dan kuantitas seam batubara terkadang memiliki pola yang tidak homogen melainkan memiliki trend tertentu yaitu nilai data cenderung naik atau turun ke arah tertentu secara spasial yang membuatnya menjadi tidak stasioner. Hal tersebut terjadi karena pengaruh faktor geologi tertentu pada saat atau setelah proses pengendapannya. Dalam penelitian ini dibahas mengenai solusi untuk estimasi sumberdaya batubara pada data kualitas dan kuantitas yang tidak stasioner dengan cara mengelompokkan data sebaran titik bor menjadi beberapa bagian secara spasial untuk mengurangi pengaruh trend tersebut. Estimasi sumberdaya batubara dilakukan dengan 2 (dua) pendekatan geostatistik yaitu Ordinary Kriging (OK) dan Kriging with Trend (KT) baik pada seluruh data maupun pada data yang telah dikelompokkan. Hasil estimasi menunjukkan bahwa relative error yang diperoleh, baik dengan OK maupun KT berbeda pada setiap kelompok data. Pendekatan yang memberikan relative error paling kecil akan direkomendasikan untuk estimasi sumberdaya pada data kualitas dan kuantitas batubara yang tidak stationer. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu seam batubara di Formasi Balikpapan untuk data ketebalan dan sulfur total.


Keywords


sumberdaya batubara, tidak stationer, relative error, ordinary kriging, kriging with trend

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional, 2011. Pedoman Pelaporan, Sumberdaya, dan Cadangan Batubara, SNI 5015:2011.

Coalfields Geology Council of New South Wales dan the Queensland Resources Council, 2014. Australian Guidelines For The Estimation And Classification Of Coal Resources, 2014 Edition. Sydney, Australia.

de Souza, L.E., Costa, J.F.C.L., dan Koppe, J.C., 2004. Uncertainty estimate in resources assessment: a geostatistical contribution. Natural Resources Research 13 (1).

Deutsch, C.V. and Journel, A.G.,1998. Geostatistical Software Library and User’s Guide, Oxford University Press Inc., New York.


Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 107 times

DOI: https://doi.org/10.36986/ptptp.v0i0.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.