ANALISA GEOTEKNIK PENIMBUNAN PAD CONVEYOR DI BLOK PARAPATAN SITE BINUNGAN MINE OPERATION AREA 1 PT BERAU COAL

Erlangga Adi Nugroho, Elferdy Elferdy, Lukman Hakim

Abstract


Blok Parapatan merupakan salah satu area kerja PT. Berau Coal yang berada di site Binungan Mine Operation (BMO) Area 1 yang memiliki luas area 1.613 hektare. Secara kondisi geografis area blok Parapatan dipisahkan oleh Sungai Kelay yang memiliki lebar atas 260m dengan kedalaman 8m yaitu dari elevasi 1 mRL hingga ke -7mRL. Kondisi geografis ini membuat karakteristik penambangan area Blok Parapatan berbeda dengan site lain di area PT. Berau Coal. Perbedaanya berada pada metode pengangkutan batubara dari blok Parapatan menuju Coal Processing Plant (CPP) sejauh 15 km dibantu dengan Landing Craft Tank (LCT) untuk penyebrangan dump truck yang akan melintasi Sungai Kelay tersebut dan memiliki keterbatasan secara produktivitas secara longterm.

PT. Berau Coal berencana untuk melakukan peningkatan produktivitas secara longterm dengan pembangunan conveyor yang akan melintasi Sungai Kelay. Area yang akan dijadikan pad conveyor berada di tepi Sungai Kelay. Untuk mendukung rencana tersebut agar dinyatakan stabil secara geoteknik, maka dilakukan investigasi geoteknik untuk mengetahui ketebalan rawa di area sekitar sungai tersebut.

Investigasi geoteknik yang dilakukan adalah uji Soil Penetration Test (SPT). Dari 8 titik SPT yang dilakukan didapat range ketebalan rawa adalah 7-12m dan nilai N (blow) SPT pada range 5-12 yang termasuk dalam stiff strength. Desain pad conveyor yang diajukan memiliki tinggi 5m dari elevasi 3mRL hingga 8 mRL untuk dilakukan progress penimbunan. Lithologi pada area blok Parapatan (Pit K1) adalah material lempung pasiran dan metode pemberaiannya masih menggunakan ripping. Metode penimbunan yang digunakan untuk menambah daya dukung pad conveyor dilakukan proses kompaksi per 1meter dengan 7x phasing dan pembentukan retaining wall pada sisi terluar area pad conveyor yang berbatasan dengan Sungai Kelay. Pembentukan retaining wall dengan pemanfaatan material silicified sandstone dari area Pit K1 blok PMO dengan strength properties diatas 2MPa (hasil uji lab UCS konversi ke PLi). Dimensi retaining wall yang dibentuk adalah setinggi 3m dengan penyusunan boulder dari material silicified sandstone.


Keywords


kestabilan lereng, pad conveyor atau jembatan, retaining wall, silicified sandstone

Full Text:

PDF

References


Citra, Dedy, 2022, Earthwork Bridge and Conveyor Parapatan, PT. Berau Coal, Kalimantan Timur

Hoek, Evert, and Bray, John (1981): Rock Slope Engineering, Revised Third Edition, The Institution of Mining and Metallurgy, London

Rai, M.A., Kramadibrata, S., dan Wattimena, R.K. 2010. Mekanika Batuan, Laboratorium Geomekanika dan Peralatan Tambang Institut Teknologi Bandung, Bandung

SNI-8460-2017, Persyaratan Perancangan Geoteknik, data diperoleh melalui situs internet: https://blog.artefakarkindo.co.id/index.php/sdm_downloads/sni-no-8460-tahun-2017- tentang-persyaratan-perancangan-geoteknik/. Diakses pada tanggal 22 Maret 2023


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.