MENINGKATKAN PRODUCTIVITY LOADER HAULER MELALUI IMPLEMENTASI GOOD EXCAVATOR MOVING, AWR, & DOUBLE TRACK UNTUK MENCAPAI PRODUKSI OVERBURDEN DI PT PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK BAYA

Aris Tandiarrang, Murodi Murodi, Iwan Tri Wibowo, Apul Ginting, Ridwan Saleh

Abstract


PT Pamapersada Nusantara Distrik BAYA merupakan salah satu jobsite dari PT Pamapersada Nusantara yang beroperasi dalam IUP milik PT Jembayan Muarabara Group & PT Khotai Makmur Insan Abadi yang berlokasi di Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur. Target produksi tahun 2023 sebesar 90,88 juta bcm overburden (OB) dan 7 juta ton batubara. Proses penambangan yang menjadi tanggungjawab mulai dari Land Clearing, Top Soil Removal, Drilling Blasting, OB Removal, Coal Getting, hingga Coal Hauling.

 Alat yang digunakan untuk operasional yaitu PC2008 Komatsu dengan target Productivity 750 bcm/hm dan HD785-7 Komatsu dengan target Productivity 235 bcm/hm.km. Pada periode Year to Date 2022, pencapaian Productivity PC2000 hanya 719 bcm/hm dan HD785-7 232 bcm/hm.km. Hal tersebut menjadi penyebab ketidaktercapaian produksi OB sepanjang tahun 2022 (hanya 95,3%). Ketidaktercapaian productivity disebabkan rendahnya Job Efficiency Loader (<97%) dan travel speed hauler yang masih 20,5 km/h dari plan 22 km/h.

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Productivity Loader Hauler dengan mengurangi HM Non Produksi unit Loader, sehingga pergerakan unit dapat dioptimalkan untuk loading material melalui rekayasa metode teknik operasi serta meningkatkan travel speed unit hauler untuk menekan cycle time. Kajian yang dilakukan yaitu implementasi metode loading menggunakan teknik Good Excavator Moving (GEM) dengan meninggalkan satu kali lintasan terakhir seluas 13,5 meter untuk masuk loading layer kedua (drop cut). GEM dapat digunakan untuk menekan HM Non Produksi karena setiap pergerakan unit loader ketika akan masuk ke layer selanjutnya dapat digunakan untuk aktivitas loading material. Sedangkan untuk meningkatkan productivity hauler dilakukan kajian implementasi jalan AWR (All Weather Road) dan double track untuk memisahkan unit HD785-7 dengan unit lainnya.

 Hasil penelitian menunjukkan peningkatan Job Efficiency PC2008 dari 95,7% menjadi 97% dan travel speed HD785-7 dari 20,50 km/h menjadi 22,44 km/h. Pencapaian tersebut juga diikuti dengan peningkatan Productivity PC2008 dari 719 bcm/hm menjadi 742 bcm/hm dan HD785-7 dari 227 bcm/hm.km menjadi 243 bcm/hm.km. Dampak dari peningkatan Productivity adalah tercapainya produksi OB sebesar 108,9% dan batubara sebesar 109,8% dari target diperiode Year to Date April 2023.


Keywords


Productivity, Overburden, Job Efficiency, Travel Speed

Full Text:

PDF

References


Monthly Report Ewacs Baya, 2022. Produksi dan Productivity Unit Loader Hauler PAMA BAYA. http://bayawspu401/ewacs/

QCP BAYANESIA, 2021. Menurunkan HM Non Productive Unit Loader. Innovation & Core Value Convention PAMA BAYA XVI 2022

QCP Dodge Charger, 2022. Meningkatkan Productivity HD785 PAMA BAYA. Innovation & Core Value Convention PAMA BAYA XVII 2023

Technical OB Management Level 2, 2019. PT. Pamapersada Nusantara, Jalan Rawagelam 1 no. 9 Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur 13930

Scrumguides.org, 2017. Panduan Definitif Untuk Scrum Bahasa Indonesia. https://scrumguides.org/docs/scrumguide/v2017/2017-Scrum-Guide-Indonesian.pdf

Wahyu Asmoro, 2018. Analisis Hubungan Antara Peningkatan Travel Speed Truck dengan Match Factor untuk Menunjang Efisiensi Pengoperasian Truck pada Operasi Penambangan Pit Inul East P2B, HATARI Department, PT Kaltim Prima Coal

Wildan Basuki, 2020. Perhitungan Kebutuhan Unit Dump Truck Berdasarkan Match Factor Antria Pada Penambangan Batubara di PT Kamalindo Sompurna Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi


Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.