PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN BERBASIS ISO 9001:2015 UNTUK MENDORONG TERCIPTANYA BUDAYA UNGGUL DI PT KALTIM PRIMA COAL
Abstract
Sejak Business & Performance Improvement Division (BPID) dibentuk pada tahun 2008, belum ada pendekatan yang sistematis dan metodologi yang tepat untuk mendapatkan nilai proyek perbaikan yang substansial di seluruh divisi KPC. Tahun 2017, BPID mengembangkan Sistem Manajemen Peningkatan Kinerja Bisnis (SMPKB) yang berfokus pada pengelolaan program Peningkatan Kinerja Bisnis (PKB) perusahaan. Standar ini mengacu pada Quality Management System ISO 9001 : 2015. Pada tahap awal sistem ini sudah mulai diimplementasikan di Mining Operation Division (MOD), Mining Support Division (MSD) dan Contract Mining Division (CMD). Secara bertahap sistem ini akan diimplementasikan ke seluruh divisi yang ada di KPC
Sistem ini dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk mendorong dilakukannya proyek – proyek peningkatan kinerja perusahaan, menanamkan budaya unggul kepada seluruh karyawan melalui berbagai macam program, mengembangkan kapabilitas karyawan terkait peningkatan kinerja, mengelola pengetahuan organisasi dan karyawan, dan menjaga keberlanjutan inisiatif – inisiatif peningkatan kinerja yang sudah dijalankan. Sistem ini dibangun dengan menerapkan 5 elemen utama yang tertulis dalam Manual SMPKB yaitu kepemimpinan, konteks organisasi – perencanaan, dukungan operasional, evaluasi kinerja dan peningkatan berkelanjutan. Selanjutnya masing – masing elemen ini diturunkan menjadi beberapa sub elemen seperti kebijakan, pengelolaan resiko dan peluang, manajemen sumber daya, pengendalian informasi terdokumentasi, realisasi inisiatif, audit sistem, kaji ulang manajemen, dan lainnya.
Sejak impelementasi SMPKB ditahun 2017, proyek peningkatan kinerja bisnis yang berhasil diimplementasikan di area kerja KPC meningkat dari tahun ke tahun. Total 219 proyek telah dijalankan dengan melibatkan 1314 karyawan langsung dengan total cost yang dapat ditekan mencapai jutaan dollar. Pada bulan April 2022 Sistem Manajemen Peningkatan Kinerja Bisnis (SMPKB) ini telah berhasil mendapatkan pengakuan dari badan sertifikasi independen PT SGS Indonesia berdasarkan hasil audit yang dilakukan terhadap sistem ini dan pada bulan Maret 2023 dapat dipertahankan dalam Surveillance Audit pertama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Davenport, T. H. (2019). ISO 9001:2015 - A Complete Guide to Quality Management Systems.
CreateSpace Independent Publishing Platform.
Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2014). Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (8th Edition). Pearson.
Hoyle, D. (2017). ISO 9000 Quality Systems Handbook: Using the Standards as a Framework for Business Improvement (7th Edition). Routledge.
Taylor, A., & Hoyle, D. (2016). ISO 9001:2015 for Small Businesses (2nd Edition). BSI Group.
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.