IMPLEMENTASI METODOLOGI PERANCANGAN PERKERASAN COAL HAULING ROAD DI STA KM 37+000 – 37+300 BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 MENGGUNAKAN UKURAN AGREGAT TERTENTU
Abstract
ABSTRAK
Coal hauling road merupakan jalan utama yang dipergunakan untuk mengangkut batubara dari Pit ke Stockpile Port dengan jarak 48 Km menggunakan unit dump truck bermuatan 26 ton hingga 34 ton dengan target produksi 1.000.000 ton pertahun. Unit dump truck yang digunakan masuk ke dalam kategori truck 3 sumbu – sedang, dengan nilai faktor ekivalen beban atau Vehicle Damage Factor (VDF) sesuai dengan tabel dari Manual Perkerasan Jalan 2017. Jumlah lintas harian rata-rata (LHR) semua unit dump truck yang melintas dalam sehari mencapai 270 lintasan sehingga jumlah kumulatif beban gandar standar (CESA) dalam hal ini CESA pangkat 4 sebesar 12.86 x 106 dan CESA pangkat 5 sebesar 17.69 x 106.
Secara visual dan kondisi yang ada california bearing ratio (CBR) tanah dasar coal hauling road lebih besar dari 6% maka tidak tidak diperlukan perbaikan tanah dasar. Struktur pengerasan berdasarkan ESA5 masuk ke dalam kategori Bagan Desain 3 dimana berdasarkan Bagan Desain 3, desain perkerasan jalan dilakukan dengan menggunakan pondasi agregat kelas A hingga menggunakan asphaltic concrete wearing course (AC WC). Secara aktual Bagan Desain 3 tidak dapat terpenuhi, sebagai alternatif adalah menggunakan Bagan Desain 5 dimana perkerasan jalan menggunakan 3 lapisan, yaitu lapis pondasi agregat kelas A, kelas B dan Burda (lapis penutup berupa laburan dengan ukuran 20 mm).
Penerapan perkerasan jalan dengan mengunakan Bagan Desain 5, khususnya penggunaan agregat A di coal hauling road dipilih menggunakan ukuran 10 mm - 20 mm, 20 mm – 30 mm dan 30 mm – 50 mm sedangkan lapisan burda tidak digunakan. Penggunaan agregat modifikasi ini telah dilakukan di STA KM 37 dengan panjang jalan mencapai 300 meter. Tujuan dari penggunaan agregat modifikasi ini yaitu untuk menjaga traksi roda kendaraan dengan permukaan jalan, mempercepat slippery, mengurangi potensi jalan berdebu dan mengurangi perawatan jalan khususnya penggunaan unit grader.
Kata kunci: Coal hauling Road, VDF, LHR, ESA, Manual Desain Perkerasan Jalan, Bagan Desain, Agregat
ABSTRACT
Coal hauling road is the main road used to transport coal from the Pit to Stockpile Port with a distance of 48 Km using dump trucks capacity 26 - 34 tons with a production target of 1,000,000 tons per year. The dump truck units used fall into the 3 axes - medium truck category, with the value of the Vehicle Damage Factor (VDF) in accordance with the table from the Road Pavement Manual 2017. The average daily traffic count (LHR) of all dump truck units passing in a day reaches 270 passes so that the cumulative number of standard axle loads (CESA) in this case CESA 4 is 12.86 x 106 and CESA 5 is 17.69 x 106.
Visually and the existing condition of California bearing ratio (CBR) of subgrade coal hauling road is greater than 6%, there is no need for subgrade improvement. Based on ESA5 the hardening structure will use Design Chart 3 category. Based on Design Chart 3 the pavement design is carried out using aggregate foundation class A to using asphaltic concrete wearing course (AC WC). Actually Design Chart 3 cannot be fulfilled, as an alternative is to use Design Chart 5 where the pavement uses 3 layers, namely the aggregate foundation layers of class A, class B and Burda (the covering layer is a 20 mm diameter).
The application of pavement using Design Chart 5, specifically the use of aggregate A in coal hauling road is chosen using sizes 10 mm - 20 mm, 20 mm - 30 mm and 30 mm - 50 mm while the burda layer is not used. The use of this modified aggregate has been carried out at STA KM 37 with a road length of up to 300 meters. The purpose of using this modified aggregate is to maintain vehicle wheel traction with the road surface, accelerate slippery, reduce the potential for dusty roads and reduce road maintenance, especially the use of grader units.
Keywords: Coal hauling Road, VDF, LHR, ESA, Road Pavement Design Manual, Design Chart, Aggregate
Full Text:
PDFReferences
Geniusman Sidabutar (2017), Prosiding TPT XXVI Implementasi TARP Coal Hauling Guna MencegahTerjadinya Insiden di PT Lahai Coal, PERHAPI, Balikpapan, 372-277.
Geniusman Sidabutar (2018), Prosiding TPT XXVII dan Kongres X PERHAPI 2018 Metodologi Perancangan Jalan Angkut Batubara Dari Aspek Sipil dan Manajemen Keselamatan, PERHAPI, Jakarta.
Manual Design Pekerasan Jalan 2017 Nomor 04/SE/Db/2017 Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2017), Jakarta
Pedoman Jalan Angkut Batubara Di SHR (2018), PT Lahai Coal, 13 – 97.
Article Metrics
Abstract view : 645 timesPDF - 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.