PEMANFAATAN DATA DIGITAL UNTUK MONITORING AREA TERLUAR KEGIATAN PERTAMBANGAN BLOK 7 BINUNGAN MINE OPERATION 2 – PT. BERAU COAL

Aldi Agus Setiawan, Iwan Widiadmoko, Hifzil Kirmi

Abstract


ABSTRAK

 

PT. Berau Coal melakukan penambangan dengan sistem penambangan terbuka untuk menyesuaikan dengan model geologi batubara area Binungan yang berlapis-lapis (multi seam) dengan kemiringan perlapisan batubara 23o - 40o. Pada penambangan terbuka (Open Cut Mining) pengelolaan lingkungan disesuaikan dengan metode penambangan gali-sisi kembali (backfilling-method) yang terdapat dalam rencana pengelolaan Lingkungan PT. Berau Coal. Kegiatan penambangan dengan sistem Open Pit sangat bergantung dengan bukaan lahan baru/original untuk dijadikan area disposal (out pit dump). Pada tahun 2019 rencana penimbunan pada area Out Pit sebesar 133,5 juta bcm. Daerah tangkapan air yang berupa area terbuka (disposal), berdampingan dengan area original, hal ini berpotensi terjadinya pencemaran lingkungan akibat air limbah tambang. Pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup merupakan kewajiban bagi perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan dalam upaya melestarikan serta mengendalikan pencemaran yang berpotensi merusak lingkungan. Oleh karena itu monitoring area terluar merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk mempermudah monitoring, digunakan data digital yang sudah tersedia untuk diolah lebih lanjut agar dapat dianalisa dalam pengambilan keputusan. Pemanfaatan foto udara terbaru yang diambil secara berkala kemudian dilakukan permodelan elevasi digital (Digital Elevation Model) akan di peroleh informasi terbaru mengenai kondisi area terluar kegiatan pertambangan. Kegagalan sistem drainase air limbah tambang yang mengalami perubahan kondisi bangunan dan berpotensi menyebabkan air rilis tanpa melalui titik penaatan akan dapat segera diketahui, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan.  Pemanfaatan data digital di area Blok 7 Site Binungan Mine Operation 2 memperoleh informasi pengklasifikasian risiko kegagalan akibat perubahan pola aliran air yang kemudian disajikan dalam peta identifikasi risiko aliran air untuk area terluar pertambangan. Peta risiko tersebut menjadi acuan dan menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan dilapangan.

 

Kata Kunci : pengelolaan lingkungan,  area terluar,  operasional pertambangan,  improvement, optimum.    


Full Text:

PDF

References


Indrawati, Like dan Cahyono,A, (2018):Pemanfaatan Data Landsat Multitemporal Untuk Pemetaan Pola Ekspansi Perkotaan Secara Spasiotemporal (Studi Kasus Pada Tiga Perkotaan Metropolitan di Pulau Jawa), Jurnal Nasional Teknologi Terapan, Vol. 2 No.1.

Lei Ma, Tenyu Fu, Thomas Blaschke, Marchun Li, Dirk Tiede, Zhenjin Zhou, Xiaoxue Ma, dan Deliang Chen, (2017), Evaluation Of Feature Selection Methods for Object-Based Land Cover Mapping of Unnamed Aerial Vehicle Imagenary, ISPRS, Int. J. Geo-Inf., 6:51;doi:10.3390/ijgi6020051 www.mdpi.com /journal/ijg. Diunduh pada tanggal 21 Juli 2019.

Nugeraha, Sri Sumiyati, dan Ganjar Samudro (2010), Pengolahan Air Limbah Kegiatan Penambangan Batubara Menggunakan Biokoagilan : Studi Penurunan Kadar TSS, Total Fe dan Total Mn Menggunakan Biji Kelor (Moringa oleifera), Jurnal PRESIPITASI Vol. 7 No. 2 September 2010, ISSN 1907-187X.

Paski, Jaka Anugrah Ivanda, (2017), Pengaruh Asimilasi Data Penginderaan Jauh (Radar dan Satelit) Pada Prediksi Cuaca Numerik Untuk Estimasi Curah Hujan (Impact of Remote Sensing Data Assimilation(Radar and Satelite) On Numerical Weather Prediction for Rainfall Estimation), Jurnal Penginderaan Jauh Vol. 14 No. 2 Desember 2017 : 79-88.

Pemerintah Negara Republik Indonesia, (2009), Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Jakarta.

Pemerintah Provinsi Kaltim, (2011), Peraturan Daerah Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Air dan Pengendalian Pencemaran Air, Samarinda.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Cetakan ke -9, Oktober 2013), Penerbit Alfabeta, CV. Bandung.

Syahid, Bilal, Data – Pengertian, Fungsi, Jenis, Sifat, Sumber, Pengumpulan, Pengukuran, Sumber, Para Ahli, https://www.gurupendidikan.co.id/data/. Diunduh pada tanggal19 Juli 2019.


Article Metrics

Abstract view : 755 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.