PENGELOLAAN BATUAN REAKTIF (REACTIVE GROUND) DALAM KEGIATAN PELEDAKAN PADA TAMBANG TERBUKA UNTUK PENINGKATAN KESELAMATAN PERTAMBANGAN

Slamet Rachman Jaka, Agung Wibowo, Fajerin Dinata

Abstract


ABSTRAK

 

PT.Multi Nitrotama Kimia merupakan salahsatu perusahaan jasa pertambangan yang bergerak pada bidang penyedia jasa peledakan dan penjualan bahan peledak terbesar di Indonesia yang bekerjasama dengan banyak perusahaan tambang besar dan terkenal di Indonesia. PT.Adaro Indonesia merupakan salahsatu kostumer dari PT.Multi Nitrotama Kimia yang memiliki indikasi adanya terdapat kondisi batuan reaktif di area operasional penambangannya. Kondisi batuan reaktif ini merupakan suatu kondisi dimana adanya perubahan temperature batuan akibat adanya konten mineral tertentu dalam batuan yang bereaksi dengan Ammonium Nitrate. Jika, kondisi ini tidak diperhatikan, maka berpotensi menimbulkan kondisi tidak aman berupa, peledakan dini. Penelitian dan percobaan dilakukan untuk pemetaan terhadap gambaran kondisi batuan reaktif di beberapa Pit untuk kemudian dimasukkan kepada proses analisa laboratorium untuk mengetahui kondisi reaktif batuan. Uji laboratorium yang dilakukan adalah isothermal test dan mineral content test dengan tujuan mengetahui kondisi reakifitas batuan. Sehingga control dan kelola dalam tindakan preventif bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya peledakan dini. Dengan tingkat ketelitian dan akurasi dalam uji laboratorium yang dilakukan terkait kondisi batuan reaktif, lokasi Pit yang memiliki kondisi batuan reaktif bisa teridentifikasi. Pada lokasi Pit yang positif memiliki kondisi batuan reaktif, PT Multi Nitrotama Kimia memberikan tindakan preventif  dalam campuran bahan peledak inhibitor dan berhasil membuat kondisi batuan reaktif di PT Adaro Indonesia terkelola dan terkontrol dengan baik.

 

Kata Kunci : Batuan Reaktif, Ammonium Nitrate, Peledakan

 

 

ABSTRACT

 

PT. Multi Nitrotama Kimia is one of the big mining services company in Indonesia with explosive supply and blasting services as the main business. PT. Adaro Indonesia is one of their customer’s with reactive ground potential problem in field situation. Reactive ground is situation were the ground has an exothermic reaction if mixed with Ammonium Nitrate. This situation getting worst to be premature blasting condition if there is no control of that situation. Researches had been develop to do mapping reactive ground situation at the Pits and get sample to do reactive ground laboratory test. These laboratory tests are held to get preventive action for reactive ground control. With high accuracy from laboratory test and sampling process, all of reactive ground spot in operational area been mapped. Every single location with reactive ground situation has a special treatment, which using an inhibitor bulk explosives and successes to control safety issues related reactive ground situation.  

 

Keyword : Reactive Ground, Ammonium Nitrate, Blasting


Full Text:

PDF

References


Anonymous. (2017): Code of Practice Elevated Temperature and Reactive Ground (section 8-9). AEISG. Australia.

Hustrulid. W. (1999): Blasting Principles for Open Pit Mining, Volume 1. (pp. 272-273). Brookfield: A.A. Balkema. Rotterdam.


Article Metrics

Abstract view : 856 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.