ANALISIS PREDIKSI FRAGMENTASI PELEDAKAN TAMBANG TERBUKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROCK ENGINEERING SYSTEM (RES) DI PT XYZ

Aldo Mahyandra, Dedi Yulhendra

Abstract


Proses peledakan akan menghasilkan batuan yang terberai menjadi fragmentasi. Sehingga, memiliki kemungkinan terjadinya resiko fragmentasi seperti ukuran boulder, maka proses loading dan produktivitas alat dapat terganggu. Perusahaan PT XYZ memiliki target fragmentasi boulder (≥ 100 cm) yaitu 20 %. Data yang diambil di PT XYZ difokuskan pada Pit Y dan dibagi menjadi 2 area, dikarenakan terdapat perbedaan struktur geologi dalam 1 pit. Dari 30 kali data peledakan yang telah dikumpulkan, dilakukan proses image analysis menggunakan software split desktop terhadap foto fragmentasi untuk mendapatkan ukuran aktual. Sehingga, didapatkanlah ukuran fragmentasi boulder lebih dari 20 % dalam tiap kali kegiatan peledakan. Rock Engineering System (RES) merupakan sebuah metode yang dapat meminimalisir resiko yang terjadi dari desain atau model yang telah dibuat di dalam berbagai kasus di dunia pertambangan, salah satunya untuk mengurangi resiko fragmentasi. Penelitian ini menggunakan 10 parameter yang mempengaruhi fragmentasi. Prediksi fragmentasi dalam penelitian ini juga menggunakan metode Kuz Ram dan Cunningham (2005) sebagai data pembanding. Untuk memvalidasi metode yang telah digunakan, maka akan dianalisis koefisien korelasi (R2) dan Root Mean Square Error (RMSE) antara ukuran aktual dengan metode prediksi.Penenlitian ini menggunakan metode evaluasi deviasi geometri peledakan dan analisis statistik. Sehingga, didapatkanlah nilai R2dengan hubungan sangat kuat yaitu 0.97 (area 1) dan 0.88 (area 2), nilai RMSE yang rendah yaitu 24.31 (area 1) dan 10.78 (area 2) dengan menggunakan model RES.


Keywords


Rock Engineering System, Fragmentasi Peledakan, Analisis Statistik

Full Text:

PDF

References


Awela, Wibby. (2015). Modul Peledakan. data diperoleh dari www.academia.edu. Diunduh pada tanggal 08 Desember 2019.

Faramarzi, F. Mansouri, H. Farsangi, Ebrahimi. (2013). A Rock Engineering Systems Based Model to Predict Rock Fragmentation by Blasting. International Journal of Rock Mechanichs and Mining Sciences. Mining Engineering Departement. University of Kerman: Iran. 60. 82-94.

Feng, Xia-Ting. (2016). Rock Mechanichs and Engineering Volume 3 Analysis, Modeling, and Design. Institute of Rock and Soil Mechanics. State Key Laboratory of Geomechanics and Geotechnical Engineering. Wuhan: China. 451-460.

Hudson, J. (1992). Rock Engineering Systems. Theory and Practice. dalam Naeim. Ghaeini. Mousakhani, Mojtaba, eds (2016). Prediction of Blasting Fragmentation Using the Mutual Information and Rock Engineering System Case Study Meydook Copper Mine. International Journal of Mining and Geo-Engineering. School of Mining. University of Tehran: Iran. 51. 25.

Jimeno, Carlos Lopez. Jimeno, Emilio Lopez, dan Carcedo, Francisco. (1987). Drilling and Blasting of Rocks. ISBN 90 5410 1997 (Buku). 3-4.

Kulatilake, P.H.S.W. Hudaverdi, T. dan Wu, Q. (2012). New Prediction Models for Mean Particle Size in Rock Blast Fragmentation. Geotech Geol Eng (Paper). 30. 665-666.


Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.