OPTIMALISASI SHORT TERM MINE SCHEDULING MENGGUNAKAN AUTOS 2.0 SCHEDULER UNTUK INTEGRASI LONG TERM MINE PLAN DENGAN MINE OPERATION

Muhammad Khaidir Husain, Juki Bodi Sembada, Mutiara Andini, Arif Hidarto

Abstract


Era Industri 4.0 mengharuskan industri termasuk perusahaan tambang seperti PT ANTAM Tbk, untuk melakukan transformasi dari proses manual ke era digital dan otomatisasi. Selain itu, dalam kondisi saat ini hasil dari Scheduling LoM belum bisa digunakan 100% di lapangan. Hal tersebut disebabkan karena block model yang digunakan masih secara keseluruhan (LoM) yang mengakibatkan pendetailan scheduling membutuhkan waktu yang lama (1 bulan). Hal ini tidak sejalan dengan perubahan bisnis ANTAM yang dinamis yang mengakibatkan adanya perubahan perencanaan tambang dalam waktu yang singkat. Untuk menjawab tantangan tersebut tim penulis menciptakan AUTOS 2.0 Scheduler. Metode yang dilakukan adalah dengan perbaikan atau improvement yang berkelanjutan melalui Quality Control Circle (QCC) dengan melihat aspek Quality, Delivery, Safety, dan Morale (QDSM). Hasil dari improvement didapatkan dengan dikembangkannya AUTOS 1.0 menjadi AUTOS 2.0 Scheduler. AUTOS 1.0 berguna untuk otomatisasi blending dan pra scheduling, sedangkan AUTOS 2.0 Scheduler berguna untuk melakukan pendetailan penjadwalan penambangan ke dalam bulanan, mingguan, ataupun harian. Proses pendetailan penjadwalan penambangan ke dalam short term mine plan dengan adanya AUTOS 2.0 Scheduler membuat waktu yang dibutuhkan menjadi lebih cepat 2 minggu, praktis, efektif, dan efisien. Dengan menggunakan software ini dapat memberikan informasi penyebaran ketebalan ore dan waste sehingga dapat menentukan metode penambangan yang tepat dan aman. Selain itu, terjalin komunikasi teknis yang lebih baik antara perencana jangka panjang hingga jangka pendek dengan mine operation melalui SOP. Manfaat lainnya dari AUTOS 2.0 Scheduler ini adalah memungkinkannya untuk dapat diterapkan pada komoditas lain seperti nikel dan batubara. Pengembangan ini masih dapat dilakukan dengan sangat luas sehingga dapat bermanfaat kepada unit bisnis pertambangan ANTAM yang lain ataupun perusahaan tambang yang lain.

Keywords


Scheduling, Cepat, Improvement, AUTOS

Full Text:

PDF

References


Datamine Corporate Limited (2018): Datamine Studio OP. Brisbane, Datamine.

PT ANTAM Tbk (2021): Studi Kelayakan Unit Bisnis Penambangan Bauksit Kalimantan Barat (Tayan – Sanggau). Kalimantan Barat. PT ANTAM Tbk.

Unit Geomin & Technology Development (2020): Long Term Mine Planning Unit Bisnis Penambangan Bauksit Kalimantan Barat (Tayan – Sanggau). Kalimantan Barat, PT ANTAM Tbk.


Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF - 1124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.