PERANCANGAN DAN EKSPERIMENTASI ALAT MEJA ANGIN (AIR TABLE) UNTUK PEMISAHAN MINERAL BIJIH TIMAH SECARA GRAVITY CONCENTRATION

Taufik Arief, Hasjim Machmud, Elda Permata Sari

Abstract


Meja angin (air table) adalah alat yang memanfaatkan metode gravity concentration untuk memisahkan mineral berharga dengan mineral pengotor berdasarkan perbedaan berat jenis (BJ) termasuk perbedaan  bentuk (shape) dan ukuran  (size) dengan menggunakan media angin. Alat ini berbentuk meja digerakkan secara mekanis dengan menggunakan media udara/angin. Proses air table dilakukan secara kering (dry process) dan produk yang dihasilkan berupa konsentrat, middling dan tailing. Dalam upaya  memenuhi kebutuhan praktikum mahasiswa dan penelitian untuk tugas akhir di Jurusan Teknik Pertambangan, khususnya di Laboratorium Pengolahan Bahan Galian, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, telah dilakukan kegiatan perancangan alat meja angin.Tujuan  penelitian ini adalah perancangan  alat air  table  dimulai dari desain dan pembuatan meja hingga perhitungan dan pembuatan komponen utama lainnya yaitu motor penggerak dengan sistem pulley dan mesin angin (blower machine). Untuk mengetahui keberhasilan perencanaan dan evaluasi kinerja alat air table, maka dilakukan eksperimentasi  dengan memanfaatkan beberapa kombinasi variabel. Proses eksperimentasi alat dilakukan pengujian dengan menggunakan sampel bijih timah Sisa Hasil Pencucian (SHP) di PPBT Toboali, PT Timah Tbk. Pada percobaan awal dilakukan beberapa kombinasi variabel antara lain; kemiringan meja berat feed (gram), dan waktu proses (menit). Dari hasil eksperimentasi menunjukkan bahwa kinerja alat menunjukkan kinerja yang baik tetapi belum optimal dimana perolehan konsentrat terendah dicapai 50,20 % dan perolehan tertinggi sebesar 71,18% pada kemiringan  4,2°, berat feed 500 gram dan waktu proses  25 menit. Dari evaluasi kinerja menunjukkan bahwa alat air table sudah berfungsi relatif baik, tetapi diperlukan perbaikan dan pengaturan variabel yang lebih variatif dan sampel dan jumlah bijih timah yang representatif, sehingga dapat menghasilkan perolehan dan kadar yang lebih maksimal.


Keywords


Air Table, Deck, Head Motion, Blower Machine

Full Text:

PDF

References


Burt, R.O. 1984. “Gravity Concentration” Technology. New York: Elsevier.

Chatterjee, A. 1998. Role of Particle Size in Mineral Processing at Tata Steel. India: Elsevier

Jamshedpur.

Dini, AH. (2018). Kajian Teknis Air Table Untuk Meningkatkan Kadar Mineral Cassiterite Low Grade Di Pusat Pengolahan Bijih Timah (PPBT) Pemali PT Timah, Tbk. Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Skripsi,Fakultas Teknik : Universitas Sriwijaya.

Gaudin, A.. 1939. Principles of Mineral Dressing. London: McGraw Hill Book Company, Inc. New York.

Kelly, E. G. & Spottiswood, D. J. 1982. Introduction To Mineral Processing. John Wiley & Sons Inc: New.

Wills, B. A. 2005. Mineral Processing Technology an introduction to the practical aspects of ore and mineral recovery 7th edition. Canada: Butterworth Heineman.

Nur, M., Pulungan, L., & Guntoro, D. (2017). Pengaturan Laju Umpan, Selang Ukur Hopper dan

Splitter pada Air Table Guna Cassiterite dengan Kadar (Sn) 70% di Pusat Pengolahan

Bijih Timah Pemali PT Timah, Tbk. Prosiding Teknik Pertambangan 2017, Bandung :

Fakultas Teknik.

PT Timah, Tbk. 2014, Peralatan Air Table. Pemali : Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT Timah, Tbk

PT Timah, Tbk. (2014)., Modul Kompetensi Peralatan Air Table / Meja Angin di PPBT Pemali : Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT Timah, Tbk

Taggart. 1967. Handbook of Mineral Dressing 9. Orland Industrial Mineral Willey

Handbook Series.

Sitepu, S. S., Taufik, A., Hartini, I. 2016. Studi pengaruh kuat arus pada Induced Roll Magnetic Separator (IRMS) Untuk Perolehan Mineral Ilmenit (FeTiO3) di Amang Plant, Bidang Pengolahan Mineral (BPM), Unit Metalurgi, PT. Timah Persero), Tbk. Palembang: Sriwijaya University e Journal. Vol.1 No.1.

Vabela, L. (2018). Pengaruh Variabel Shaking Table Terhadap Kadar Dan Recovery Sn Sisa Hasil Pencucian Di Unit Metalurgi PT Timah Tbk Muntok Kabupaten Bangka Barat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Sains dan Teknologi 2018, Pangkalpinang : Fakultas Teknik.


Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF - 571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.