PEMODELAN PENGUJIAN PEMAMPATAN DAN PENGEMBANGAN TANAH DENGAN PENDEKATAN METODE ELEMEN HINGGA MODEL KONSTITUTIF PLASTISITAS CAM-CLAY MODIFIKASI PADA MATERIAL BERPORI

Vergiagara V., Saptono S.

Abstract


Sifat rekayasa tanah berpori penting untuk desain dan konstruksi struktur geoteknik. Perilaku kompresibilitas tanah berpori seperti lempung bergantung pada waktu dan mencirikan perilaku lempung tersebut, dan digunakan uji konvensional satu dimensi, yaitu uji Oedometer. Keberhasilan penggunaan analisis numerik dalam memecahkan masalah rekayasa geoteknik tergantung pada model konstitutif yang dipilih untuk mewakili perilaku material yang sebenarnya. Model konstitutif yang terkait dengan material tertentu harus menggambarkan perilaku material di bawah gangguan eksternal. Model ini diformulasikan secara matematis secara khusus untuk mewakili tanah berpori lunak seperti lempung dan menyediakan beberapa parameter yang memungkinkan representasi akurat dari karakteristik respons tegangan-regangan pra-kegagalan. Model konstitutif Cam-Clay Modifikasi dalam perangkat lunak Metode Elemen Hingga Simulia ABAQUS dalam penelitian ini secara sistematis mewakili perilaku lempung berpori lunak dan memberikan beberapa parameter yang memungkinkan akurasi untuk mewakili karakteristik respons tegangan-regangan bahan berpori.


Keywords


Cam-Clay, Simulia ABAQUS, tanah berpori

Full Text:

PDF

References


ABAQUS/CAE Version 6.5-3. (2005). Analysis theory manual. New England: Documentation packaged with software. ABAQUS, Inc.

Bradley, D. M. (2006). Derivation of Parameters and Calibration of Modified Cam-Clay Constitutive Soil Model for Airfield Matting.

Devi, D. (2013). On the determination of modified Cam-Clay model parameters. National Conference on Recent Advances in Civil Engineering (NCRACE).

Emiel, J. M., & Hensen, S. B. (2002). Why clay swell. The Journal of Physical Chemistry B. 106(49):12664-12667.

Monkul, M. M., & Onal, O. (2004). A visual basic program for analyzing oedometer test results and evaluating inter granular void ratio. Computers and Geosciences.

Terzaghi, K., Mesri, G., & Peck, R. B. (1996). Soil Mechanics in Engineering Practice.

Wood, D. M. (2004). Geotechnical Modeling. New York: Spon Press.


Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.