OPTIMALISASI TAMBANG PIT C2HU DENGAN METODE SECANT PILE PADA AREA RAWA DI SITE SAMBARATA, PT BERAU COAL

Arif Rahman Putranto, Dudu Anwar Sanusi, Ichsan Sebastian, Andre Bharata, Lukman Hakim

Abstract


Sambarata Mine Operation (SMO) merupakan salah satu site penambangan yang dimiliki oleh PT Berau Coal, dimana pada Site ini terdapat 4 pit penambangan aktif yang menjadi prioritas penambangan pada tahun 2022 salah satunya adalah Pit C2HU. Pit C2HU ini memiliki cadangan volume batubara sebesar 6,4 juta ton dengan kalori ≥ 6000 cal/gr., Pit C2HU berada di area rawa yang memiliki kedalaman mencapai 15 meter dan berada dekat dengan Sungai Sambarata yang merupakan Sungai orde 3 dengan lebar sungai ±20 meter dan memiliki beda tinggi pasang surut hingga 7 m. Dengan kondisi rawa dan kondisi regional Pit C2HU, proses penambangan dengan metode cut and fill konvensional membutuhkan lereng yang sangat landai untuk mendapatkan kestabilan lereng yang aman. Hal ini akan berdampak pada hilangnya cadangan Batubara pada Pit C2HU. Dinding penahan tanah menggunakan metode Secant pile merupakan salah satu improvement yang dilakukan untuk optimalisasi penambangan batubara di Pit C2HU. Secant pile merupakan dinding penahan tanah yang dibentuk dengan menggunakan bored pile yang disusun dengan rapat, sehingga beban lateral dari material rawa, embankment sungai dan rencana jalan hauling dapat ditahan oleh Bored pile berdiameter 1.180 mm yang dikombinasikan dengan dinding utama serta buttress. Dengan metode secant pile ini, overall slope tambang dapat dibentuk lebih tegak dari rekomendasi awal geoteknik yaitu lereng dibentuk sudut 6 derajat pada material rawa dan dengan adanya secant pile lereng material rawa dapat dibentuk menjadi sudut 90 derajat, hal ini juga berperan terhadap optimalisasi cadangan batubara tambahan sebesar 1,13 juta Ton. Pemodelan secant pile dilakukan dengan menggunakan program PLAXIS 3D dengan didukung data geooigi, geoteknik dan hidrologi sehingga didapatkan desain yang optimal. Selain itu, pelaksanaan pekerjaan juga telah mempertimbangkan aspek keselamatan operasional sehingga aktivitas pada saat konstruksi dapat berjalan dengan aman.

Keywords


Material Rawa, secant pile, bored pile, dinding penahan tanah, optimalisasi, tambang

Full Text:

PDF

References


American Society of Civil Engineers , 1968. Specialty Conference on Placement and Improvement of Soil to Support Structures. ASCE Soil Mechanics and Foundations Division, Cambridge, MA, August 26–28, 440 pp.

Been, K. dan Sills, G.C., (1981): Self-weighed consolidation of soft soils: an experimental and theoretical study, Geotechnique, 31 (4), 519-535.

Dankers, P.J.T. (2006): On the hindered settling of suspensions of mud and mud-sand mixtures.

DAS, Braja M. (1983): Advanced soil machanics, Mc Graw Hill.

DAS, Braja M. (2006): Principles geotechnical engineering, Stamford Cengage Learning.

G&H Dept. (2018): Geotechnical assessment: tebal layering proses loading material rawa Tambang Lati, PT.Berau Coal.

G&H Dept. (2019): Geotechnical assessment: acuan beda tinggi loading material rawa Tambang Lati, PT.Berau Coal.

https://www.testingindonesia.com/mengenal-inclinometer-sebagai-instrumen-monitoring-geoteknik-33, diakses tanggal 05 September 2022

https://beraukab.bps.go.id/statictable/2016/01/13/14/nama-dan-panjang-sungai-menurut-kecamatan-2014.html. Diakses tanggal 01 September 2022

Utama, R.A., Basewed, Fathi. 2017. Metode Pelaksanaan Dan Quality Control Pada Pekerjaan Secant pile Pada Proyek Underpass Mampang-Kuningan. Universitas Gajah Mada.


Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.