PENGGUNAAN FLEET MANAGEMENT SYSTEM DALAM PENERAPAN KESELAMATAN OPERASIONAL HAULING PT BORNEO INDOBARA

Teguh Arifiyanto, Verda Wahyuni, Christian Palumean

Abstract


Peningkatan produksi batubara PT Borneo Indobara yang diiringi dengan penambahan pekerja dan unit produksi berpotensi meningkatkan frekuensi kecelakaan yang dominan disebabkan oleh perilaku tidak aman pekerja. Kegiatan operasional pengangkutan batubara (coal hauling) menjadi salah satu sektor yang mengalami peningkatan jumlah unit dump truck yang melintas sepanjang 30 km menuju Port. Jarak tempuh yang panjang berdampak pada kurang optimalnya peran dan fungsi pengawas terhadap perilaku tidak aman operator dump truck yang cenderung menyebabkan kecelakaan seperti melebihi batas kecepatan, mengalami gejala kelelahan, tidak menjaga jarak aman saat beriringan, merokok, dan menggunakan HP saat berkendara. Salah satu upaya menunjang pencapaian target produksi batubara yang terus mengalami peningkatan serta perlunya penerapan aspek keselamatan untuk mendukung kaidah teknik pertambangan yang baik. Pada tahun 2020, PT Borneo Indobara telah mengembangkan digitalisasi pada kegiatan operasionalnya. Fleet Management System (FMS) merupakan salah satu program Transformasi Digital yang diterapkan pada kegiatan pengangkutan batubara untuk memantau secara real time perilaku berkendara operator dump truck, keamanan operator, peralatan, serta mengetahui setiap informasi terkait operasional dump truck yang dipantau melalui aplikasi Telegram, dashboard monitoring FMS yang dapat diakses melalui HP atau komputer. Dengan Penerapan FMS, pengawas operasional lebih mudah melakukan pemantauan perilaku berkendara operator dump truck di sepanjang jalan pengangkutan batubara dimana setiap pelanggaran yang diidentifikasi oleh FMS dapat segera ditindaklanjuti oleh pengawas. Pemantauan FMS secara real time juga berperan dalam meningkatkan kepedulian operator dump truck serta memudahkan Safety Evaluator dalam menganalisa database pelanggaran yang mencakup trend pelanggaran, waktu pelanggaran, unit yang melanggar, dan aspek lainnya. Parameter yang lengkap dari FMS telah memberikan kemudahan proses pengawasan dan membantu percepatan pembentukan budaya keselamatan dari operator DT hauling

Keywords


Fleet Management System, Real Time, Dashboard, Perilaku

Full Text:

PDF

References


Xiao, Y., Xie, Z., Liu, Y. (2022): Mine Safety Monitoring and Early Warning System Based on 5G Network Technology. In: Ahmad, I., Ye, J., Liu, W. (eds) The 2021 International Conference on Smart Technologies and Systems for Internet of Things, Data Engineering and Communications Technologies, vol 122. Springer, Singapore.

Komljenovic, D., Loiselle, G., & Kumral, M. (2017): Organization : A new focus on mine safety improvement in a complex operational and business environment. International Journal of Mining Science and Technology, 27(4), 617–625.

Rojas, B., Bolaños, C., Salazar-Cabrera, R., Ramírez-González, G., de la Cruz, Á. P., & Molina, J. M. M. (2020): Fleet management and control system for medium-sized cities based in intelligent transportation systems: From review to proposal in a city. In Electronics (Switzerland) Vol. 9, Issue 9, pp. 1–25.


Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.